Ketua PN Gunungsitoli Lantik Panwaslih Pilgubsu 2008-2013 untuk Nias dan Nias Selatan

Monday, February 25, 2008
By nias

Nias (SIB)
Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2008-2013 untuk daerah Kabupaten Nias dan Nias Selatan diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Joseph Pastra Ziraluo SH MHum, Selasa (19/2) di Lantai II Kantor Bupati Nias, Jalan Pancasila Gunungsitoli. Turut dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Temazaro Harefa, Wakil Bupati Nias Selatan Daniel Duha SH, Wakapolres Nias Kompol Jhoni D Sinaga, mewakili Kajari Gunungsitoli TM Hasibuan SH, mewakili Dandim 0213/Nias Kapten Sinema Zalukhu, Ketua DPRD Nias M Ingati Nazara AMd dan anggota DPRD Sumatera Utara Komisi A, Drs Penyabar Nakhe, Ir H Sujarwono dari Kantor Kesbang Sumut, anggota DPRD Nias Adrianus Zega ST dan Alfonsus Telaumbanua SE.

Panwaslih yang dilantik untuk Kabupaten Nias terdiri dari Lakadodo Laia SH dan Heziduhu Lase SE dari LSM, Ir Cakraeli Gulo, Frans Putra Rudi Zebua SH (Kasi Intel Kejari Gunungsitoli), AKP Ofenai’o Gulo dari Polres Nias. Sementara untuk Nias Selatan, Rendos Halawa (Ketua DPC KOWRI Nias Selatan), Mesoaro Zega SPd, Ismael Dakhi SE, Siata Hia SH (Kacabjari Telukdalam) dan Iptu Nasokhi Hulu dari Polres Nisel, ditetapkan tanggal 14 Februari 2008 di DPRD Sumatera Utara.

Sementara wakil Bupati Nias, Temazaro Harefa dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa Nias dan Nias Selatan telah melaksanakan pemilihan secara langsung baik pemilihan presiden dan wapres dan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Dengan pelaksanaan kegiatan tersebut maka Panwaslih yang dilantik hari ini mendapat tugas yang mulia dan berat. Diharapkan kepada Panwaslih selalu patuh pada ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan, antara lain undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 tentang pemilihan, pengesahan, pengangkatan dan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diimplementasikan dengan beberapa keputusan KPU Provinsi Sumatera Utara maka pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Sumatera Utara dapat terlaksana dengan baik.

Adapun tugas-tugas pokok dan wewenang Panwaslih sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 pasal 108 ayat (1) : mengawasi semua tahapan penyelenggaraan pemilihan, menerima laporan penyelenggaraan peraturan perundang-undangan, menyelesaikan sengketa yang timbul dalam penyelenggaraan pemilihan, meneruskan semua laporan yang tidak dapat diselesaikan kepada instansi yang berwewenang dan mengatur hubungan kordinasi antara panitia pengawas pada semua tingkatan.

Sambutan Ketua DPRD Sumut yang dibacakan anggota Komisi A Drs Penyabar Nakhe mengatakan setelah pelantikan Panwaslih Nias dan Nias Selatan maka tugas yang akan dilakukan setelah pemilihan ketua yaitu penyaringan petugas Panwaslih kepala daerah Sumatera Utara tingkat kecamatan paling lambat tanggal 25 Februari 2008 sudah disampaikan ke Komisi A DPRD Sumatera Utara sebagai tim seleksi pada pemilihan kepala daerah Sumatera Utara periode 2008-2013.

Selanjutnya, diharapkan kepada pemerintah Kabupaten Nias dan Nias Selatan agar dapat memberi dukungan tenaga Sekretariat kepada Panwaslih tingkat Kabupaten Nias dan Nias Selatan demi kelancaran tugas-tugas yang diemban oleh Panwaslih. (T15/l) (SIB, 23/02/08)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2008
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829