Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Nias Meningkat

Wednesday, February 20, 2008
By nias

Gunungsitoli, (Analisa)

Pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan sepanjang tahun 2007 berjalan dalam suasana relatif kondusif dan menunjukkan hasil yang semakin baik.

Hal itu dibuktikan, tingkat pertumbuhan ekonomi yang secara bertahap meningkat, hingga secara langsung dapat meningkatkan pendapatan perkapita Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Penurunan tingkat kemiskinan, pengangguran, ketersediaan sarana dan prasarana dari waktu ke waktu semakin meningkat serta taraf kesejahteraan masyarakat semakin baik, kata Bupati Nias Binahati B Baeha,SH pada ramah tamah tahun baru 2008 Pemerintah Kabupaten Nias di pendopo Gunungsitoli, Minggu (17/2).

Bupati mengatakan, dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat pada tahun 2007, Pemerintah KabupatenNias melaksanakan berbagai program di antaranya, pencanangan program ketahanan pangan melalui program swasembada beras, pengadaaan alat alat mekanisasi pertanian, motorisasi perahu nelayan pemberian bibit dan pemberian bantuan modal dana bergulir bagi koperasi, usaha kecil dan menengah.

Sementara bidang pendidikan, diprogramkan pemerataan aksebilitas pendidikan disetiap kecamatan melalui pembangunan prasarana dan sarana pendidikan tingkat SD, SLTP dan SLTA serta pembangunan Universitas Nias, dengan harapan dapat mendorong dan membuka kesempatan pendidikan bagi anak-anak hingga di pelosok pedesaaan.

Sedang untuk pemerataan pelayanan kesehatan, diprogramkan pembangunan puskesmas pembantu, puskesmas perawatan dan puskesmas plus serta peningkatan pembangunan rumah sakit umum Gunungsitoli, hingga pelayanan kesehatan dasar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Bidang infrastruktur, Pemkab Nias juga sedang melanjutkan pembangunan jalan dan jembatan di ruas jalan provinsi maupun kabupaten, terutama yang menghubungkan ibukota kabupaten dan ibukota kecamatan serta antar ibukota kecamatan serta jalan yang menuju sentra-sentra produksi.

Di samping itu, peningkatan pembangunan bandara Binaka, pelabuhan laut Gunungsitoli, Lahewa dan Sirombu serta Terminal baru Gunungsitoli.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Nias pada tahun 2007 menjalin kerjasama dengan PT Riau Air Lines (RAL) dengan tujuan agar mobilitas dan aksesbilitas ekonomi semakin meningkat, kata bupati.

Bupati mengungkapkan, untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan dalam rangka peningkatan pelayanan publik, pemerintah kabupaten Nias menyampaikan usulan pemekaran wilayah Kabupaten Nias menjadi tiga wilayah pemekaran baru yakni, Kabupaten Nias utara, Kabupaten Nias Barat dan Kotamadya Gunungsitoli dan usulan itu mendapat perhatian dari pemerintah pusat dan DPR-RI.

Bupati Nias mengajak semua elemen masyarakat untuk menggalang kebersamaan dan menyamakan pemahaman untuk mengambil bagian secara proporsional terhadap beban tugas pembangunan yang sudah terbentang di depan mata, yang tentunya menurut peran dan fungsi masing-masing, terlebih-lebih dalam menyukseskan pesta demokrasi dalam rangka pemilihan Gubernur Sumatera Utara yang akan dilaksanakan April 2008 akan datang. (kap) (Analisa, 20 Febr. 2008)

One Response to “Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Nias Meningkat”

  1. 1
    Ivan Goelo Says:

    mudah-mudahan pertumbuhan ekonomi masyarakat Nias dapat berkembang dan semakin sejahtera.kiranya semua kasus-kasus yang ada di Pulau Nias yang kita cintai ini bersih dari KKN dan kriminal2 lainnya dan segera dituntaskan…-)
    Pendidikan juga merupakan yang utama demi terciptanya masyarakat yang cerdas dan berpendidikan…..saya berharap di Nias dapat didirikan sebuah universitas, janggan ketinggalan dengan kota yang laen. ok

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2008
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829