Pemkab Nias dan Nisel Berdelegasi ke Bappenas dan DPR, 18 Februari

Saturday, February 16, 2008
By nias

Gunungsitoli, (Analisa)

Menyikapi akan berakhirnya masa tugas Badan Rehabiltasi dan Rekonstruski (BRR) NAD-Nias April 2009 mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Nias dan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan rencanakan berdelagasi ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan DPR RI sebagai dewan pengawas BRR NAD-Nias.

Hal itu tercetus saat dilaksanakannya pertemuan terbatas antara Pemerintah Daerah Kabupaten Nias dan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan, Jumat (15/2). Dengan agenda menyikapi akan berakhirnya masa tugas BRR di Wilayah Pulau Nias

Pertemuan dihadiri Bupati Nias Binahati B Baeha, Bupati Nias Selatan, Fahuwusa Laia, SH,MH, Ketua DPRD M Ingati Nazara A.Md, Ketua DPRD Nias Selatan, Hadirat Manao, Wakil Bupati Nias, Temazaro Harefa, Wakil Bupati Nias Selatan, Daniel Duha SH, Plt Sekda Nias Selatan Fahuwusi Daeli, SPd dan sejumlah Satuan Kerja Kepala Daerah (SKPD) Nias dan Nias Selatan.

Pertemuan yang dilaksanakan kurang lebih dua jam itu, menyepakati beberapa hal di antaranya, Pemkab Nias dan Nisel segera akan melakukan delegasi ke Bappenas dan DPR RI serta menyerahkan surat pernyataan sikap secara resmi yang direncanakan, Senin, (18/2) mendatang.

Tujuan delegasi nantinya yakni, menyampaikan kesiapan kedua Pemkab untuk melanjutkan Rehabilitasi dan Rekonstruksi, meminta kepada Bappenas dan DPR RI sebagai Dewan Pengawas BRR NAD-Nias untuk melibatkan Pemkab Nias dan Nisel dalam perencanaan pembahasan materi Kepres terkait peralihan tugas BRR yang akan disusun Bappenas pasca BRR di Nias khususnya dalam pembiayaan rencana aksi.

Selanjutnya, meminta agar Pemkab Nias dan Nisel diberikan kesempatan untuk menjadi pengawas, pelaksana dan pengendalian untuk kelanjutan pelaksanaan rehabilitai dan rekonstruski pasca BRR di daerah masing-masing dan terpisah dengan Aceh.

Serta semua aset baik aset bergerak maupun aset bergerak harus di serahkan kepada masing-masing pemerintah daerah.

Sebelumnya, Bupati Nias Binahati B Baeha mengharapkan dalam petemuan yang dimotori pemeritah Kabupaten Nias itu nantinya mendapat kesepakatan bersama untuk menyatukan persepsi dan pemahaman untuk dalam menyikapi akan berakhirnya tugas BRR di wilayah Kepulauan Nias, hingga lebih mudah untuk melakukan rencana-rencana yang disepakati nantinya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Nias menilai, selama ini masih banyak perkerjaan-pekerjaa n yang masih belum dilaksanakan BRR Regional VI Nias selama bertugas di Kabupaten Nias.

Karena menurutnya kebanyakan pada staf BRR selama ini orang dari akademisi sementara untuk praktisi sangat kekurangan, hingga tugas banyak belum terlaksana.

Hingga saat ini, Pemkab Nias membentuk tim dalam melakukan tugas-tugas dalam penerimaan aset nantinya, hingga semua aset nantinya dapat lebih jelas mana yang telah dilaksanakan BRR dan mana yang belum dikerjakan serta mlakukan penelitian dari aset-aset.

Bupati Nias Selatan, Fahuwusa Laia, SH MH mengungkapkan, sangat setuju dengan dengan semua kesepatan namun hingga saat ini peralihan itu belum ada petunjuk dari pemeritah pusat.

Sehingga untuk mengatisipasi hal-hal itu sangat perlu dilakukan pengkajian, penelitian dan evaluasi yang lebih dalam terhadap kinerja BRR selama ini di wilayah pulau Nias, sekalipun BRR secara UU bertanggung jawab penuh kepada presiden. (kap) (Analisa, 16/02/08)

One Response to “Pemkab Nias dan Nisel Berdelegasi ke Bappenas dan DPR, 18 Februari”

  1. 1
    agust Says:

    Hayooo…,
    Pemkab Nias dan Nias Selatan GAS TERUS….
    Berikan yang terbaik untuk Nias dan Nias Selatan.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2008
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829