THES – QS Umumkan Peringkat 1- 400 Universitas di Seluruh Dunia untuk 2007

Wednesday, February 13, 2008
By nias

*UGM, ITB dan UI masuk dalam peringkat

The Times Higher Education Supplement (THES) and Quacquarelli Symonds (QS) mempublikasikan peringkat 1 – 400 universitas di seluruh dunia untuk 2007. Masuk dalam 10 besar adalah universitas-universitas di Amerika Serikat dan Inggris yaitu: 1. Harvard University (AS), 2. Yale University (AS), 3. University of Oxford (Inggris), 4. University of Cambridge (Inggris), 5. Imperial College London (Inggris), 6. Princeton University (AS), 7. University of Chicago (AS),8. California Institute of Technology (AS), 9. University College London (Inggris), dan 10 Massachusetts Institute of Technology (AS).

Dalam 100 besar, muncul nama-nama: McGill University, Canada (12), Australian National University (16), University of Tokyo, Jepang (17), University of Hong Kong, Hong Kong (18), Ecole Normale Supérieure, Paris, Perancis (26), National University of Singapore, Singapura (34), Peking University, Cina (36), ETH Zurich, Swiss (42), University of Amsterdam, Belanda (48), The University of Auckland, Selandia Baru (50), Seoul National University, Korea (51), Trinity College Dublin, Irlandia (53), Heidelberg University, Jerman (60), Katholieke Universiteit Leuven, Belgia (61), Uppsala University, Swedia (71), University of Vienna, Austria (85), University of Copenhagen, Denmark (93) dan University of Helsinki, Finlandia (100).

Sementara itu 3 perguruan tinggi Indonesia masuk dalam daftar tersebut, masing-masing: Universitas Gajah Mada (361), Institut Teknologi Bandung (370) dan Universitas Indonesia (395).

Informasi dari Wikipedia menyebutkan bahwa The THES – QS World University Rankings merupakan publikasi tahunan peringkat universitas di seluruh dunia yang dipublikasikan oleh The Times Higher Education Supplement (THES) and Quacquarelli Symonds (QS). Publikasi ini dimulai sejak 2004. Pemeringkatan THES telah banyak dikritik di Amerika Serikat dan di tempat lain sebagai ‘irelevan’, ‘tak representatif’ dan bahkan ‘mempromosi diri sendiri’ karena menggunakan kategori-kategori yang cenderung memfavoritkan universitas-universitas di Inggris. Menurut sinyaliran itu, 2-3 universitas di Inggris secara konsisten masuk dalam peringkat 5 besar dunia, yang menurut hasil pemeringkatan lain tidak pun termasuk dalam peringkat 10 besar dunia. (Sumber: Situs Top Universities)

Tags:

7 Responses to “THES – QS Umumkan Peringkat 1- 400 Universitas di Seluruh Dunia untuk 2007”

  1. 1
    rani wulandari Says:

    Saya butuh info Saga University (Jepang) masuk peringkat 400 besar atau tidak ya? Internet keluar negri baru rusak, tidak bisa kontak dengan luar negri.

    Jawaban Redaksi:
    Redaksi telah mengecek, Saga University tidak masuk dalam peringkat 400 itu.

  2. 2
    UNTAG JAKARTA Says:

    Selamat datang di http://untag.ptkpt.net
    BEASISWA KULIAH
    Program Perkuliahan Karyawan (P2K) & Beasiswa
    UNTAG – Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta – 54 th
    — TERAKREDITASI —

    Pendaftaran Mahasiswa Baru Semester Ganjil 2008/2009
    Untuk seluruh lulusan SMA/SMK, D3/Poltek/Akademi, D1, D2, dsb
    melanjutkan atau pindah jurusan ke Program Sarjana (S1).

    Gelombang I = 5 Mei – 6 Juli 2008
    Gelombang II = 7 Juli – 31 Agustus 2008
    Gelombang III = 1 – 20 September 2008

    Kuliah dimulai = Minggu, 21 September 2008

    Sesuai UU-RI No.20 Th.2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa “Pendidikan Tinggi diselenggarakan dengan Sistem Terbuka”.
    Dan dipenjelasan UU-RI tsb ditulis : “Pendidikan dengan sistem terbuka adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan fleksibilitas pilihan dan waktu penyelesaian program lintas satuan dan jalur pendidikan (multi entry-multi exit system). Peserta didik dapat belajar sambil bekerja, atau mengambil program-program pendidikan …. dst.”

    Juga sesuai dengan UUD 45 bahwa “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. Sedangkan diantara warga negara terdapat sebagian masyarakat yang memiliki waktu luang terbatas (khususnya karyawan). Juga sebagian masyarakat yang memiliki dana terbatas.

    Untuk memenuhi kebutuhan tersebut UNTAG menyelenggarakan P2K-PKSM ini sekaligus melaksanakan KOMITMEN SOSIAL. Yaitu dengan memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat lulusan SMA, SMK, D3, S1, dsb-nya; baik yang memiliki waktu luang terbatas maupun dana terbatas, untuk melanjutkan pendidikan (atau pindah jurusan) ke jenjang Sarjana (S1) pada jurusan yang diminati (silakan klik), secara layak dan bermutu sesuai keunggulan UNTAG (silakan klik).

    Tempat Kuliah di Kampus UNTAG, Jl. Sunter Permai Raya, TOL Sunter – Podomoro, Jakarta Utara, yang merupakan salah satu kampus ternyaman dengan fasilitas pendidikan tinggi dan penunjang yang lengkap. Untuk mudahnya, disini diberikan peta menuju Kampus UNTAG (silakan klik) serta Angkutan Umum menuju Kampus UNTAG (silakan klik).

    Tidak Ada Ujian Negara (sama dengan PTN).

    Biaya pendidikannya (silakan klik) disubsidi sehingga terjangkau masyarakat, juga diberikan fasilitas kredit biaya pendidikan tanpa bunga dan tanpa agunan sehingga dapat diangsur bulanan sesuai kemampuan mahasiswa. Serta diberikan beasiswa (silakan klik) bagi yang tidak mampu secara finansial.

    Lulusan Program Kuliah Sabtu Minggu UNTAG dipersiapkan menjadi Sarjana sesuai jurusannya, yang dapat mengembangkan jati dirinya dengan bekal ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, sehingga mampu menyelesaikan persoalan sekaligus mengembangkan ilmunya.

    Mahasiswa dan Lulusan Program Kuliah Sabtu Minggu UNTAG maupun Program Reguler UNTAG, mempunyai HAK AKADEMIK, GELAR, dan IJAZAH yang SAMA, serta mempunyai HAK untuk menggunakan gelarnya dan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    Untuk mempercepat perolehan informasi, bila ingin mengcopy/print informasi secara keseluruhan tentang Program Kuliah Sabtu Minggu dan Perkuliahan Karyawan (PKSM-P2K) di UNTAG, silakan klik “Info Keseluruhan” ini, atau dapat di-klik di menu info keseluruhan di website ini (sebelah kiri).

    Bila ada hal yang kurang jelas, mohon kiranya langsung ditanyakan ke layanan info 17 jam di atas atau silakan klik “Contact Us” ini.
    Bila membutuhkan katalog/brosur lengkap, silakan mengisi di Form Permintaan Katalog di samping kiri ini, kami akan mengirimkannya via POS secara gratis.

    Melalui situs/informasi ini, mohon bantuan Bapak/Ibu/Sdr untuk sudi kiranya turut mendorong/memotivasi keluarga/sahabat/rekan kerja untuk melanjutkan/meningkatkan pendidikannya di UNTAG, baik melalui Program Kuliah Sabtu Minggu maupun melalui Program Reguler.

    Terima kasih,…
    UNTAG – Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

  3. 3
    Amandus Ivo Mario Says:

    tolong dibuat yang lebih menarik lagi terutama pada komposisi gambar…..
    makasih…

  4. 4
    mardamos Says:

    gak usah banggalah dengan ui,ugm ama itb soalnya kalah bersaing dengan universitas luar negri.yang gw banggakan adlh UKI the best tar lagi kalahin harvard setelah maruli gultom jadi rektor baru

  5. 5
    Nasrullah Says:

    Buat teman-teman yang kepengen kuliah ke luar negeri dgn beasiswa full, kunjungi http://scholarship4u.co.nr. di situ banyak link2 beasiswanya

  6. 6
    mei Says:

    mau tanya,,
    sulit gag kalo mau kuliah di luar negri?
    apa aja syarat2na.?
    thx.

  7. 7
    www.stan-prodip.info Says:

    stan, sekolah tinggi akuntansi negara masuk peringkat gak ya?

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2008
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829