WASHINGTON (Reuters) – Barack Obama unggul tipis atas Hillary Clinton di California dan Missouri sehari menjelang “Selasa Super” di mana 24 negara bagian akan memilih jagonya sebagai kandidat presiden. Demikian jajak pendapat Reuters/C-SPAN/Zogby yang dikeluarkan hari Senin.

Di kubu Republik, Senator John McCain dari Arizona memperbesar keunggulannya atas Mitt Romney di New York dan New Jersey tetapi Romney juga memimpin di California, hadiah terbesar pada hari Selasa Super.

Obama dan Clinton sama-sama difavoritkan di New Jersey dan Obama unggul besar atas Clinton di Georgia dalam dua kontes terbesar Demokrat yang diselenggarakan dalam sehari dalam kampanye pilpres Amerika.

Obama, Senator dari Illinois dan Clinton, dari New York, telah terlibat dalam perang urat syaraf yang intens selama kampanye.

“Momentun berada di pihak Obama,” kata penyelenggara jajak pendapat John Zogby. “Jika tren ini berlangsung terus, kontes ini akan menjadi malam kontes besar bagi Obama.”

Romney, mantan gubernur Massachusetts, unggul atas McCain 40% : 32 % di California, dengan marjin kesalahan 3.3%. Kemenangan Romney di California, negara bagian terbanyak penduduknya, bisa memangkas momentum kampanye McCain di kubu Republik.

McCain memenangi dua kontes terakhir di South Carolina dan Florida yang menenpatkannya pada posisi terdepan di kubu Partai Republik di tengah-tengah kekuatiran pihak konservatif atas pandangan masa lalunya tentang pajak, imigrasi dan pendanaan kampanye.

“Romney memperbesar keunggulannya di California dan memiliki keuntungan khusus karena kedekatannya dengan pihak konservatif,” kata Zogby. “Kemenangan Romney di California akan mengerem minat kubu Republik untuk menempatkan McCain pada posisi terdepan.” (RTR/*)

Facebook Comments