Nias (SIB)
Hingga 18 Januari 2008 pegawai dan guru di Pemkab (pemerintah kabupaten) Nias belum menerima gaji untuk bulan Januari.

Beberapa guru dan pegawai di Pemkab Nias yang enggan ditulis namanya kepada SIB Jumat (18/1) di Gunungsitoli mengatakan, setelah otonomi daerah dan Pemkab Nias dipimpin Binahati B Baeha mereka paling cepat gajian tgl 15 setiap bulannya. “Lebih enak sebelum otonomi, sebelum otonomi paling lambat tgl 3 setiap bulanya sudah gajian,” ujar mereka.

Menurut mereka gaji mereka belum dibayar karena ada surat yang belum diteken Bupati Nias, agar uang dapat dikeluarkan bank.

Menurut seorang kepala sekolah, akibat sering terlambat gajian banyak guru jarang mengajar, sementara kepala sekolah tidak tega untuk menindak karena kebutuhan guru terganggu. Ada yang mengusulkan agar pembayaran gaji melalui rekening masing-masing pegawai.

Y Gea Kabag Keuangan Pemkab Nias yang dihubungi SIB pada hari yang sama mengatakan keterlambatan gaji mereka karena DPRD terlambat menyetujui pembayaran gaji. “Bulan-bulan sebelumnya juga mereka baru gajian di atas tgl 15 setiap bulannya,” sebutnya.

Menurut Gea kalau bulan sebelumnya setiap tgl 1 gaji sudah diambil. “Kalau mereka terlambat menerima gaji itu tanggungjawab dinas masing-masing,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Nias, Zega yang dicoba dihubungi SIB pada hari yang sama tak berhasil, menurut petugas di kantor itu pimpinan mereka sedang ke luar. (T13/m) (SIB, 22 Januari 2008)

Facebook Comments