Gunungsitoli, (Analisa)

Kelangkaan minyak tanah kembali terjadi di wilayah kepulauan Nias, ibu rumah tangga berbondong- bondong mendatangi sejumlah pangkalan untuk mendapatkan minyak tanah meskipun harus dijatah.

Pantauan Analisa di pangkalan minyak tanah UD Fajar desa Miga Kecamatan Gunugsitoli, Jumat (11/1), ibu-ibu tampak menunggu sejak pagi dan saat mobil tangki yang membawa minyak tanah, warga setempat berebutan untuk mendapatkan jatah minyak tanah.

Menurut Rimani Duha kepada wartawan, kelangkaan minyak tanah kembali terjadi sejak awal Desember 2007, kemungkinan akibat tinggi nya tingkat pemakaian untuk hari raya, Natal dan Tahun Baru.

Ia menuturkan, untuk mendapatkan jatah minyak tanah, mereka harus mendatangi UD Fajar di Desa Miga, bahkan sejumlah warga harus saling dorong dengan sesama pembeli untuk mendapatkan minyak tanah, walaupun hanya dijatah 4 liter per orang.

Sedang di pangkalan minyak tanah lainnya, sejumlah warga harus rela menunggu hingga berpanas-panasan di bawah terik matahari karena sejumlah pangkalan mengaku hanya mendapat jatah sekali seminggu dari APMS dengan jatah sekitar 1.000 hingga 2.500 liter. (kap) (Analisa, 14 Januari 2008)

Facebook Comments