Wawancara Dengan Dr. William P. Sabandar – Pengantar

Monday, December 3, 2007
By nias

Kurang lebih setahun yang lalu, tepatnya tanggal 13 November 2007, Situs ini menyelenggarakan Diskusi Online II (DO II) dengan topik: Rekonstruksi dan Rehabilitasi Nias – Membayangkan Wajah Nias Pasca Program BRR. Diskusi tersebut, yang semula direncanakan berlangsung sebulan lebih, akhirnya oleh Redaksi diputuskan “tetap terbuka”.

Alasan Redaksi ketika itu adalah seperti tertera pada bagian akhir dalam tulisan penutup DO II yang berjudul Masyarakat Nias Harap-Harap Cemas: “Redaksi memutuskan untuk tetap membuka Ruang Diskusi II tentang ‘Rekonstruksi dan Rehabilitasi Nias – Membayangkan Wajah Nias Pasca Program BRR‘ untuk waktu yang tak terbatas. Hal ini mengingat bahwa RR Nias masih berlangsung hingga tahun 2009; dengan demikian masukan, saran dan kritik terhadap pelaksanaan RR Nias masih tetap relevan.

Selama setahun terakhir ini, sorotan terhadap kinerja BRR Nias tidak segencar sebelumnya. Kalau sebelumnya sorotan sempat sampai pada tuntutan “Bubarkan BRR Nias !”, kini tuntutan itu semakin melemah …. padahal, program BRR Nias efektif tinggal satu tahun lagi.

Ada apa ? Barangkali masyarakat memang sudah capek mengeluh, memprotes atau menyorot. Atau bisa jadi karena BRR Nias telah mengerahkan segala sumber daya yang dimilikinya untuk berbuat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada kesempatan ini, Situs Yaahowu kembali mengangkat proses Rekonstruksi dan Rehabilitasi Nias (RR Nias) sebagai “fokus bahasan”. Kali ini tidak dalam bentuk “Diskusi”, melainkan utamanya dalam bentuk sebuah Wawancara dengan Kepala BRR Perwakilan Nias, Dr. William P. Sabandar. Wawancara dengan Pak Willy bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemajuan proses RR Nias oleh BRR Nias, tentu saja dari “kacamata” BRR Nias.

Wawancara ini dilakukan secara tertulis dan menurut rencana akan disusul dengan wawancara lisan untuk meng-cover beberapa hal yang “terlupa” dalam wawancara tertulis.

Penyusunan bahan Wawancara ini dilakukan anggota Tim Redaksi Yaahowu: E. Halawa, Ilham Mendröfa, Noniawati Telaumbanua dan Etis Nehe, dan dibantu oleh orang tua kita Bapak Mathias J. Daeli, yang juga sering menulis (memberi komentar) di Situs ini.

Idealnya, Wawancara ini diiringi dengan pemantauan independen kami di lapangan. Hal itu tidak dimungkinkan, semata-mata karena keterbatasan sumber daya kami. Sebagai gantinya, Redaksi telah mengundang lewat email sejumlah orang dari berbagai kalangan dalam masyarakat Nias: tokoh masyarakat, politisi, akademisi, mahasiswa, rohaniawan, pemerhati RR Nias. Mereka ini diharapkan menyampaikan tanggapannya atas hasil Wawancara dengan Pak Willy. Pendapat mereka nanti akan kami rangkum dalam satu atau beberapa tulisan, tergantung respons yang dikirimkan kepada Redaksi.

Kepada para pengunjung Situs Ya’ahowu, tersedia ruang komentar pada akhir setiap tulisan. Silahkan memberikan komentar dengan baik dan bertanggungjawab.

Selamat mengikuti.

Redaksi

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

December 2007
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31