Australia Menandatangani Instrumen Ratifikasi Untuk Protokol Kyoto

Monday, December 3, 2007
By nias

Hari ini, Senin 3 Desember, Perdana Menteri Australia menandatangi instrumen ratifikasi untuk Protokol Kyoto. Penandatangan itu dilakukan Kevin Rudd sesaat setelah dia dilantik menjadi Perdana Menteri Baru Australia, hasil dari kemenangan telak Partai Buruh atas koalisi Partai Liberal dan Partai Nasional pada pemilu tanggal 24 November 2007 yang lalu.

Penandatanganan instrumen ini akan memuluskan jalan bagi Australia menjadi anggota Protokol Kyoto pada akhir Maret 2008, tiga bulan setelah instrumen ratifikasi itu diterima oleh PBB. Langkah Australia ini semakin mengucilkan Amerika Serikat dari kancah perbincangan perubahan iklim. Negara adidaya ini menjadi satu-satunya negara yang menolak menandatangani Protokol Kyoto. Di bawah Perdana Australia terdahulu, John Howard, Australia mengikuti jejak AS untuk menolak meratifikasi Protokol Kyoto dengan alasan ratifikasi tersebut akan memukul perekonomian Australia.

Hari ini, anggota kabinet pemerintah baru Australia dari Partai Buruh di bawah kepemimpinan Kevin Rudd dilantik oleh Gubernur Jenderal Australia, Michael Jeffery.

Pemilu 2007 Australia yang berlangsung hari Sabtu, 24 November 2007, memberikan kemenangan besar bagi Partai Buruh dan menempatkan Kevin Rudd sebagai Perdana Menteri Australia yang baru.

Kemenangan Rudd dan Partai Buruh telah diramalkan oleh sejumlah jajak pendapat sejak kampanye resmi diumumkan 6 minggu sebelum pemilu.

Yang lebih mengejutkan, John Howard tidak hanya kehilangan kursi sebagai Perdana Menteri tetapi kehilangan kursinya sebagai anggota parlemen di daerah pemilihan Bennelong yang jatuh ke tangan calon dari Partai Buruh, Maxine McKew, mantan wartawati ABC (Australian Broadcasting Corporation). Kekalahan ini merupakan pukulan besar bagi John Howard yang telah mengantarkan Australia pada kondisi ekonomi yang semakin membaik selama hampir 12 tahun kepemimpinannya.

Partai Buruh terakhir memerintah Austrlia di bawah Perdana Menteri Paul Keating yang dikalahkan John Howard pada pemilu tahun 1996. (brk)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

December 2007
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31