Menko Kesra Resmikan Gedung RSU Gunungsitoli Berbiaya Rp73 M

Saturday, November 10, 2007
By nias

Gunungsitoli (SIB)
Menko Kesra Ir H Aburizal Bakrie dan Direktur Badan Rehabilitasi (BRR) NAD-Nias Kuntoro Mangkusubroto, Jumat (9/11) meresmikan RSU Gunungsitoli yang didanai oleh Mercy Malaysia berbiaya Rp 73 miliar. Serta peletakan batu pertama lanjutan pembangunan gedung RSU Gunungsitoli yang dibiayai oleh Cina dan Jepang.

Menko Kesra dalam sambutannya mengatakan akan menyampaikan peningkatan pembangunan di Pulau Nias kepada Presiden diharapkan kepada anggota DPD dan DPR RI dari Sumut untuk memperjuangkan sehingga anggaran pembangunan di Nias bisa lebih besar terutama dana pemeliharaan pembangunan gedung RSU Gunungsitoli.

Menko Kesra menyatakan mendukung sepenuhnya pembangunan rumah sakit dan infranstruktur di Nias, karena pulau Nias merupakan wilayah Republik Indonesia, maka pemerintah pusat berkewajiban membangun Pulau Nias yang indah itu. “Saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat pulau Nias agar dapat memelihara pembangunan yang sudah ada baik. Jalan maupun gedung-gedung jangan sampai terbengkalai dan jangan hanya bisa membangun tetapi memeliharanya tidak bisa”, katanya.

Selanjutnya dia memanggil Kepala RSU Gunungsitoli Dr Yulianus Mendrofa, MARS dan mempertanyakan kebutuhan dana pemeliharaan gedung tersebut dan Mendrofa menjawab dibutuhkan dana sebesar Rp 46 miliar. Berikutnya Menko minta pemerintah daerah untuk mengusulkan proposal kepada pemerintah pusat dan diharapkan kepada DPR RI dan DPD asal Sumatera Utara untuk mendukung karena rumah sakit ini merupakan rujukan untuk melayani masyarakat se -Pulau Nias.

Menko Kesra mengucapkan terima kasih kepada duta besar Malaysia, China dan Jepang yang telah berpartisipasi mengusahakan pembangunan kembali RSU Gunungsitoli yang telah hancur pada gempa bumi dan tsunami 26 Desember 2004 dan gempa bumi tektonik tanggal 25 Maret 2005.

Sementara Direktur BRR NAD – Nias Kuntoro Mangkusubroto pada sambutannya mengatakan program pemulihan kesehatan Nias adalah salah satu program utama rehabilitasi dan rekontruksi di kepulauan Nias, sektor kesehatan di kelola dengan menggunakan pendekatan sistim berjenjang.

RSU Gunungsitoli, akan dikembangkan menjadi rumah sakit rujukan yang melayani seluruh masyarakat kepulauan Nias, melalui Mercy Malaysia telah mengembangkan sebuah rencana induk tempat tahap untuk merefitalisasi fasilitas RSU Gunungsitoli.
Fase pertama satu unit berbiaya Rp 125 miliar dan fase kedua berbiaya Rp 13,5 miliar dan fase ketiga berbiaya sebesar Rp 40 miliar untuk pembangunan fisik, dan untuk mobiler Rp 7 miliar. Sedangkan keempat sedang diusahakan dananya dari donatur yang peduli kesehatan Nias.

Sementara itu, anggota DPR RI Drs Idealisman Dachi menyatakan kebanggaannya terhadap keberadaan gedung itu namun diharapkan pemeliharaannya tetap diperhatikan seperti kebersihannya, pelayanan terhadap masyarakat sehingga rumah sakit ini benar-benar berfungsi sebagai rujukan jangan seperti sebelumnya yang selalu dikeluhkan masyarakat pelayanannya.

Soal permohonan Kepala RSU, tentang dana pemeliharaan yang sebesar Rp 46 miliar, pada prinsipnya anggota DPR RI asal Sumut tetap akan memperjuangkannya namun pemerintah daerah mengajukan permohonan proposalnya dan pemerintah pusat menyampaikan kepada lembaga DPR RI untuk dibahas, katanya.

Acara peresmian dihadiri Deputy I Menko Kesra Asep Karsidi, staf khusus Menko Kesra Soetedjo Yuwono, Kadis Kesehatan Sumut Fatni Sularni, Dubes China Fang Quichen Minister Counsellor, Mr Satoh Japan Vice Ambassador For Indonesia, Mercy Malaysia Mr Noorazam Abusamah Head of Operations Mercy Malaysia In Indonesia, anggota DPD dan DPR RI. Sarfi Hutauruk, Drs Idealisman Dachi, Arisman Zagoto, Ir Yusuf Perdamaian, Saidi Butar, DR Yasona Laoli SH, Parlindungan Purba SH, Trimedia Panjaitan, anggota DPRD Sumut, Dodi Zaman Gomo Mendrofa dan Ketua DPRD Nias M. Ingati Nazara AMd, Kapolres Nias AKBP Albertus Sampe Sitorus, Dandim 0213/Nias Letkol CZI Ferry K Arubinata, Wakil Bupati Nias Temazaro Harefa, Kepala Dinas Kesehatan Dr Perdamaian Zendrato, Kadis Pendidikan Marthinus Lase, SH, Ketua DPD Golkar Nias Agus H Mendrofa, Kadis Perdagangan Drs AR Mendrofa, Kepala BRR Willem P Sahbandar dan seluruh jajarannya serta anggota DPRD Nias.

Menko Kesra bersama rombongan disambut secara adat tari perang oleh para siswa dan penyerahan sekapur sirih dilanjutkan dengan penyerahan cendramata berupa pakaian adat Nias. (T15/c)

Sumber: SIB, 10 November 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2007
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930