Gunungsitoli, WASPADA Online

Pegelaran Festival Nias Yaahowu 2007 yang berlangsung selama tiga hari (8-10/11) hari ini, Kamis (8/11) pukul 14,00 direncanakan dibuka Bupati Nias, Binahati B Baeha, SH. Ketua Panitia Festival Nias Yaahowu 2007, Drs. Nehemia Harefa, MM kepada Waspada, Rabu (7/11) menjelaskan, persiapan panitia untuk pelaksanaan kegiatan ini sudah rampung seluruhnya.

Disebutkan, pada pelaksanaan Festival Nias Yaahowu ini dipastikan sebanyak 32 kontingen dari kecamatan yang ada serta 13 sanggar budaya dari sekolah yang ada di sekitar Kota Gunungsitoli akan ambil bagian pada kegiatan tersebut. Masing-masing kontingen dan sanggar jumlah peserta sebanyak 30-50 orang atau total seluruhnya sekira 2.000 peserta.

Pada festival itu, sejumlah kegiatan diperlombakan, di antaranya, Lagu rakyat bernuansa tradisional Nias yang diiringi seperangkat alat musik Nias, seni drama tari (sendratari) budaya Nias atau sosiodrama cerita rakyat Nias dan atraksi seni budaya Nias. Sementara masing-masing kontingen maupun sanggar sekolah akan diberikan bantuan berupa dana pembinaan yang besarnya secara proposional. Sedangkan untuk para juara diberikan hadiah uang dengan total seluruhnya Rp15 juta.

Menurut Nehemia sebelum kegiatan pembukaan terlebih dahulu dilaksanakan defile kontingen pada pukul 13.00 yang kemudian pembukaan secara resmi dilaksanakan pada pukul 14.00. Pada pagelaran festival budaya Nias ini panitia menyampaikan undangan kepada tokoh-tokoh masyarakat Nias baik yang ada di Medan, Jakarta dan daerah lainnya di Indonesia. Selain itu akan dihadiri pejabat BRR serta NGO yang ada di Nias.

Pantauan Waspada menjelang pagelaran Festival Nias Yaahowu antusias masyarakat terlihat sangat tinggi karena kegiatan serupa sudah lama tidak dilaksanakan dan terakhir pada tahun 1996. Terlihat di sekitar Kota Gunungsitoli dihiasi sejumlah umbul-umbul dan spanduk menyambut pegelaran akbar budaya Nias.(a35)

Sumber: Waspada, 8 November 2008

Facebook Comments