Gunungsitoli (SIB)
Unicef melakukan serahterima gedung SD Negeri No 070975 Gunungsitoli kepada Pemkab Nias dan masyarakat, Rabu (31/10) yang merupakan sekolah permanen, keempat di Kabupaten Nias yang telah diselesaikan UNICEF. Sebelumnya ada tiga sekolah permanen yang telah selesai dibangun di Kabupaten Nias, antara lain: MIN Gunungsitoli, SDN No 074056 Dahana Humene Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan SDN No 074038 Tohia Kecamatan Gunungsitoli.

Drs Syarif Usman Mendrofa MSi selaku Ketua Panitia serahterima/peresmian gedung SDN No 070975 Gunungsitoli, mengucapkan terimakasih kepada pimpinan UNICEF dan UNOPS yang telah memperhatikan sarana dan prasarana di bidang pendidikan.

UNICEF dan UNOPS telah berhasil merekonstruksi pembangunan gedung SDN No 070975 yang berdiri megah berlantai dua di tengah-tengah Kota Gunungsitoli. Gedung ini memiliki 10 ruang kelas, 1 ruang guru, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang serba guna, kamar mandi kecil yang berpisah kamar mandi laki-laki, perempuan dan guru. Ventilasi dan pencahayaan yang cukup baik, lapangan yang luas dan juga memakai tangga landai (ramp) untuk anak-anak penyandang cacat.

Pimpinan UNICEF Raoul de Torcy mengatakan, masih ada 76 lagi sekolah akan diserahterimakan oleh UNICEF pada akhir tahun ini. Sekolah itu dibangun menggunakan bahan-bahan yang tahan gempa dan dirancang untuk tahan gempa sampai 30 tahun dan memenuhi standar pendidikan pada anak-anak didik. UNICEF memiliki komitmen untuk membangun kembali 120 sekolah di Kabupaten Nias dan Nias Selatan.

Kepala Perwakilan UNICEF di Indonesia Gianfranco Rotigliano yang turut menyaksikan acara tersebut mengatakan sangat senang dapat menyaksikan satu bangunan sekolah lagi diserahterimakan kepada masyarakat Nias.

Setelah serahterima dari UNICEF kepada Pemda Nias dan Pemda Nias menyerahkan kunci kepada Kadis Pendidikan Kabupaten Nias yang selanjutnya kunci gedung diterima oleh kepala SDN No 070975 Gunungsitoli Arozato Harefa.

Turut hadir Kapolres Nias diwakili Kasat Lantas, Dandim 0213 Nias diwakili Kasdim, utusan dari Kadis Pendidikan Tingkat I Sumatera Utara, Kadis Pendidikan Kabupaten Nias, Lurah Ilir Gunungsitoli, tokoh masyarakat, adat dan agama, guru-guru dan staf pegawai, pengurus komite sekolah dan para orangtua siswa.

Sementara itu Direktur PT Budi Graha Perkasa Utama Ir Sahat M Purba didampingi Adriamus Hulu mengatakan nilai proyek gedung SD tersebut Rp3.286.800.000. Sumber dana UNICEF dan perencana UNOPS. (T15/m)

Sumber: SIB, 3 November 2007

Facebook Comments