Gunungsitoli (SIB)
Dalam rangka pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2008-2013, KPUD Nias membentuk panitia untuk pembentukan PPK dan PPS di seluruh kecamatan dengan Ketua Panitia Immanuel Zebua.

Menurut Ketua Panitia, Immanuel Zebua kepada wartawan Senin (29/10) di ruang kerjanya, bahwa KPU Kabupaten Nias sampai saat ini telah melakukan beberapa persiapan terkait dengan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2008-2013.

Adapun persiapan yang sedang dilakukan adalah pembentukan penyelenggara di tingkat kecamatan yaitu PPK dan pembentukan penyelenggara tingkat desa yaitu PPS. Hingga saat ini KPU Kabupaten Nias telah menetapkan PPK sebanyak 13 kecamatan dan kecamatan yang lain akan dibentuk minggu ini.

Ketidakserentakan penetapan PPK ini, akibat keterlambatan pengiriman berkas calon PPK yang akan ditetapkan oleh kpu Kabupaten Nias dari kecamatan.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang tahapan dan waktu penetapan masing-masing setiap daerah tingkat II kabupaten/kota, pihaknya mengatakan bahwa sesuai dengan Keputusan KPU tentang tahapan, jadwal dan program pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2008 seyogianya penetapan ini sudah dilaksanakan 16 Oktober 2007 yang lalu tetapi oleh karena beberapa faktor termasuk keterlambatan pengiriman berkas, proses rekrutmen di kecamatan sedikit lamban akhirnya penetapan ini diundur dengan ketetapan rapat di KPU Nias.

Menyangkut masalah data pemilih pemilihan Gubernur, mekanisme yang digunakan sama dengan pada pemilihan kepala daerah yang baru lalu di Kabupaten Nias bahwa data pemilih dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan oleh pemerintah daerah menyampaikan ke pemerintah provinsi dan selanjutnya akan dikirim ke KPU Kabupaten untuk divalidasi oleh penyelenggara di TPS nanti akan diangkat salah seorang petugas pendata di masing-masing desa, setelah itu data ini dikembalikan ke KPU Kabupaten Nias dan selanjutnya dikirim ke provinsi untuk ditetapkan dan dibagikan kembali kepada masing-masing TPS. (T15/q)

Sumber: SIB, 30 Oktober 2007

Facebook Comments