Tulisan Prof.Dr.med. Ingo Kennerknecht berjudul: The Genetics of Nias – Concepts and First Data ternyata mengundang sejumlah pertanyaan baru.

Sebagaimana diberitakan Yaahowu Kamis 18/10/2007, wajah-wajah “objek” riset genetika itu telah ditutupi. Ternyata tulisan hasil koreksi itu memuat beberapa hal yang baru dan mengundang sejumlah pertanyaan baru.

  1. Tulisan pertama yang di-download Redaksi Yaahowu yang memuat utuh foto-foto “objek” penelitian adalah bertanggal 9 Juli 2007 sebagaimana tertulis di bagian bawah setiap halaman. Versi tulisan yang memuat foto-foto di mana wajah-wajah “objek” ditutupi diberi tanggal 12 Juli 2007. Pertanyaan menyangkut hal ini adalah: (1) mengapa pada versi 12 Juli 2007 wajah-wajah dalam gambar-gambar itu ditutupi ?, (2) tulisan versi mana yang sajikan pada Konferensi Internasional Tentang Seni dan Arsitektur Nias di Wina, 30-31 Oktober 2006 ?
  2. Dalam tulisan bertanggal 9 Juli 2007, nama Prof.Dr.med. Ingo Kennerknecht muncul sebelum judul. Kemudian sesudah judul ada dua nama yang muncul: Ingo Kennerknecht dari Institut für Humangenetik, Westfälische Wilhelms Universität, Münster, Germany dan Johannes Hammerle dari Yayasan Pusaka Nias. Dalam tulisan bertanggal 12 Juli 2007, nama Prof.Dr.med. Ingo Kennerknecht dan P. Johannes muncul sebelum judul. Pertanyaan: apakah tulisan ini hasil karya tunggal Prof.Dr.med. Ingo Kennerknecht atau hasil karyanya bersama dengan P. Johannes Hammerle ?
  3. Pada tulisan versi 12 Juli 2007, di bawah heading “Studies in Progress” ada satu kalimat tambahan: This is a joint Project of the Nias Government through Nias Health Office, Nias Heritage Foundation (Yayasan Pusaka Nias, YPN) and the Institute of Human Genetics, Münster, Germany. Pertanyaan: (1) mengapa pada tulisan versi 9 Juli 2007 hal ini tidak dituliskan ?, (2) Kalau memang ini projek bersama (joint project) yang melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Nias, mengapa dalam tulisan itu tidak tercantum nama peneliti dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Nias ?
  4. Pada tulisan versi 9 Juli 2007, bagian “Acknowledgment” (Penghargaan / Ucapan Terima kasih) hanya mencantumkan nama: Dr. Walter Otto – Munster, Germany. Pada tulisan versi 12 Juli 2007, penulis menyampaikan terima kasih kepada sejumlah mitra lokal di Nias. Pertanyaan: mengapa pada tulisan versi terdahulu para mitra di Nias ini “dilupakan” ?
  5. Dalam tulisan versi 9 Juli 2007 tidak ada rujukan (referensi) sama sekali, sementara pada tulisan versi 12 Juli 2007 telah dimasukkan 28 rujukan.

Demikian hasil pengamatan Yaahowu sejauh ini. (Red).

Facebook Comments