Gunungsitoli (SIB)
Ketua Umum Lembaga Budaya Nias (LBN) Drs Baziduhu Zebua yang juga Kepala Bappeda Nias kepada wartawan, Selasa (9/10) mengatakan, LBN akan menggelar Festival Nias Ya’ahowu tahun 2007 guna melestarikan pesta Ya’ahowu yang terakhir dilaksanakan tahun 1996.

Zebua menjelaskan, pelaksanaan Festival Ya’ahowu Nias tahun 2007 dipusatkan di lapangan Merdeka Gunungsitoli, 1 sampai 3 Nopember 2007.

Para peserta terdiri dari satu group sanggar setiap kecamatan se-kabupaten Nias dan satu group sanggar sekolah SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi se-Kota Gunungsitoli, maksimal peserta 30 orang pria atau wanita.

Untuk memperlancar kegiatan ini Bupati Nias telah mengeluarkan SK Nomor 556/225/K/2007 tentang pembentukan panitia penyelenggara festival Nias Ya’ahowu tahun 2007.

Sementara BN Harefa sebagai pelaksana teknis perlombaan mengatakan, materi tampilan, 1 judul lagu rakyat bernuansa tradisional Nias yang diiringi seperangkat alat musik tradisional Nias dengan durasi maksimal 10 menit dan partitur lagu ditata sendiri oleh peserta minimal 2 suara yang diikuti wajib oleh 19 Kecamatan pemekaran.

Kemudian satu judul seni drama tari (sendratari) budaya Nias, atau sosiodrama cerita rakyat Nias, dengan durasi maksimal 10 menit untuk sendratari, dan maksimal 15 menit untuk sosiodrama. Naskah sendratari/sosiodrama didata sendiri oleh peserta dan wajib diikuti oleh 14 kecamatan induk.

Satu judul atraksi seni budaya lainnya berdurasi maksimal 10 menit sinopsisnya ditata sendiri oleh peserta dan ini wajib diikuti oleh seluruh peserta. Sementara sanggar sekolah wajib menampilkan salah satu dari antara materi tampilan 1 dan 2. Bagi peserta sanggar kecamatan yang tidak memenuhi materi tampilan wajib diperkenankan mendaftarkan jenis tampilan yang sesuai dengan kemampuan dan kesiapan yang dapat dipenuhi dan kepada peserta diberi kesempatan untuk menampikan atraksi budaya kreasi baru sebagai atraksi sumbangan dengan mendaftarkan diri kepada panitia. Pada saat pendaftaran peserta melengkapi judul tampilan beserta kelengkapannya seperti sinopsis, teks. (T15/o)

Sumber: SIB, 11 Oktober 2007

Facebook Comments