STOCKHOLM, Swedia – Albert Fert dari Pernacis dan Peter Gruenberg dari Jerman mendapat hadiah Nobel 2007 untuk bidang Fisika, Selasa, atas penemuan mereka yang memungkinkan miliaran pengguna komputer menyimpan data pada hard drive komputer.

Teknologi tersebut “bisa juga dianggap sebagai salah satu dari aplikasi ril pertama bidang nanoteknologi,” yang berurusan dengan piranti yang amat kecil, kata Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia dalam sitasinya.

“Aplikasi-aplikasi dari fenomena ini telah mendatangkan revolusi tentang teknik-teknik mengambil data dari hard disk,” sitasi itu mengatakan. “Temuan ini berperan besar dalam berbagai sensor magnetik dan pengembangan generasi baru elektronika.”

Pada tahun 1988 Fert dan Gruenberg secara terpisah menemukan efek fisika yang disebut “giant magnetoresistance”. Dalam efek ini, perubahan-perubahan yang sangat kecil dalam magnetisme menghasilkan perubahan-perubahan besar dalam tahanan listrik. Beginilah cara informasi yang disimpan dalam sebuah hard disk dapat diubah menjadi sinyal-sinyal listrik yang terbaca oleh komputer.

“Perkembangan komputer pada tahun-tahun terakhir menunjukkan ini merupakan kontribusi yang penting,” kata Gruenberg kepada saluran TV4 Swedia tidak lama setelah diberitahu bahwa ia dan Fert mendapat penghargaan ilmiah bergengsi itu.

Tahun 2006, John C. Mather dan George F. Smoot, keduanya dari Amerika, mendapat hadiah Nobel Fisika atas karya mereka menguji masa-masa awal alam semesta, kajian yang membantu meningkatkan pemahaman tentang galaksi dan bintang-bintang dan dukungan tambahan terhadap Big Bang sebagai teori pembentukan alam semesta.

Hadiah Nobel bidang kimia, sastra, perdamaian dan ekonomi akan diumumkan berturut-turut hingga tanggal 15 Oktober. (YN/AP/9 Okt 07)

Facebook Comments