Gunungsitoli, WASPADA Online

Terkait sampai saat ini ratusan rumah di Kecamatan Bawolato yang hancur pada bencana gempa masih belum dibangun, masyarakat minta pihak BRR segera melaksanakan musyawarah desa (Mudes) di daerah tersebut sebagai syarat dalam mengusulkan dan menentukan yang berhak menerima bantuan rumah.

“Masyarakat khawatir rumah warga yang hancur di Kecamatan Bawolato tidak akan terbangun karena sampai sekarang pihak BRR belum melaksanakan Mudes untuk pengusulan dan penetapan nama-nama penerima rumah bantuan,” ujar Aluizaro Telaumbanua yang merupakan tokoh masyarakat sekaligusanggota DPRD Nias asal pemilihan Kecamatan.

Secara terpisah Camat Bawolato, Ogamota Telaumbanua, SH yang dikonfirmasi Waspada mengakui di wilayah kecamatan yang dipimpinnya sampai sekarang BRR Nias hanya sebatas melakukan pendataan rumah-rumah warga yang rusak. Sedangkan Mudes sebagai sarana pengusulan dan penetapan rumah yang akan dibangun belum dilaksanakan.

Sementara Manejer Informasi dan Komunikasi BRR Regional VI Nias, Emanuel Migo yang dihubungi Waspada mengatakan, sampai sekarang tim fasilitator BRR telah melaksanakan Mudes di 400 lebih desa di Kabupaten Nias, namun pihaknya tidak mengetahui apakah di Kecamatan Bawolato belum dilaksanakan Mudes itu. (a35)

Sumber: Waspada, 8 Oktober 2007

Facebook Comments