Gunungsitoli, (Analisa)

Swiss Project of Aceh and North Sumatra (SPAN) swisscontact melalui Pusat Informasi Bisnis (Pinbis) serahkan bantuan kepada 22 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupeten Nias sekaligus laksanakan pameran hasil produksi di STT Sunderman Gunungsitoli.

Bupati Binahati B Baeha, SH atas nama Pemerintah Kabupaten Nias menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Swiss diwakili Thomas Meier, Project Manager Swiss yang bekerjasama dengan Pusat Informasi Bisnis (PINBIS) Nias yang mampu ikut berperan serta memberdayakan UKM di Nias.

Diharapkannya, kepada seluruh penerima bantuan untuk dapat memanfaatkan bantuan sebaik mungkin, hingga dapat membantu para pengusaha UKM untuk mekasimalkan kualiitas dan kuantitas hasil produksi.

Bupati Nias mengajak para pelaku UKM untuk menerapkan manajemen yang professional untuk mengelola usaha yang dijalankan seperti pengelolaan, laporan keuangan dan lain sebagainya.

Thomas Meier, Project Manager Swisscontact-Span, mengatakan, pasca bencana gempa banyak pengusaha yang usahanya hancur, hingga menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian, di antara mereka ada yang sudah memulai usahanya kembali tapi menghadapi keterbatasan modal dan kemampuan manajerial.

“Karakter pengusaha yang baik dari usahawan, mereka yang mau kembali berusaha dan bangun dari keterpurukkan, memulihkan usaha mereka walau dengan sumber daya yang terbatas,” kata Thomas Meier didampingi Thilma Komaling, staf Swisscontact yang menangani daerah Nias.

Thomas menyebutkan, untuk mengatasi situasi ini, Swisscontact-SPAN bekerjasama dengan Yayasan Bangun Mandiri Nias, bersama membangun Pusat Informasi Bisnis (PINBIS) Nias memberikan informasi akses ke proyek dan memberikan konsultasi bisnis untuk para pengusaha dalam bentuk pendampingan pembuatan laporan keuangan, market link dan pengembangan usaha.

Sejak Juli 2005 Swisscontact didukung Swiss Solidarity dan Seco (Kementrian Ekonomi Swiss) menjalankan proyek pemulihan bisnis di NAD dan Nias, yang diberi nama SPAN Project (Swiss Project for Business Recovery in Aceh dan North Sumatera).

Dukungan bagi usaha potensial yang mengalami kerusakan akibat gempa dan tsunami melalui dukungan finansial dan perencanaan bisnis. Bentuk dukungan finansial atau skema dari proyek SPAN ini adalah hibah dana padanan untuk modal usaha.

Melalui project ini Swisscontact telah berhasil memulihkan lebih dari 100 UKM yang menyediakan 2.500 tenaga kerja. (kap)

Sumber: Analisa 5 Oktober 2007

Facebook Comments