Gunungsitoli (SIB)
Kunjungan kerja Kepala BRR Perwakilan Nias, William P Sabandar diharapkan tidak hanya sekedar rekreasi atau jalan-jalan melihat terisolirnya daerah Tugala Oyo, tetap diharapkan bisa membawa harapan atau angin segar buat masyarakat dalam percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan Tugala Oyo yang merupakan urat nadi kemajuan perekonomian masyarakat.

Hal ini dikatakan Camat Persiapan Tugala Oyo, Faozaro Hulu SH kepada beberapa wartawan di Gunungsitoli, Senin (1/10). Disebutkan pembangunan BRR di wilayah Kecamatan Persiapan Tugala Oyo masih sangat minim terutama pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta perumahan yang sampai saat ini belum dimulai padahal musyawarah desa (Mudes) telah dilaksanakan untuk itu.

Lebih lanjut Camat mengatakan, bahwa pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan merupakan skala prioritas untuk saat ini. Jalan yang sudah ada perlu ditingkatkan pembangunannya termasuk pelebaran bahu jalan. Jembatan gantung Tugala Oyo yang terbentang sekitar 105 meter perlu dibangun permanen. Selain ini jembatan tersebut sangat meresahkan masyarakat karena pernah menelan 6 korban jiwa pada saat melintas dan terjatuh.
Demikian juga perlu direncanakan pembangunan jembatan sungai Na’ai I dan II yang terbentang masing-masing sekitar 50 meter yang menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Tugala Oyo dengan kecamatan tetangga seperti Kecamatan Mandrehe dan Kecamatan Moro’o.

Pada kunjungan kerja itu P Sabandar telah menegaskan akan mengupayakan pembangunan jembatan Tugala Oyo tingkat semi permanen dengan sisa anggaran yang ada.

Pada saat disinggung wartawan realisasi pembangunan perumahan di Kecamatan Persiapan Tugala Oyo, Camat mengatakan masih belum dimulai.

Hasil pemantauan wartawan di wilayah Kecamatan Persiapan Tugala Oyo, Camat Faozaro Hulu sangat gencar mengupayakan pembangunan di kecamatannya dan sudah kerap kali mengusulkan kepada Pemda Nias dengan harapan kehidupan masyarakat bisa lebih baik ke depan.
Di kecamatan Persiapan Tugala Oyo hingga saat ini belum ada dimulai pembangunan perumahan. (T-15/f)

Sumber: SIB, 3 Oktober 2007

Facebook Comments