Kalau selama ini keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lebih banyak berorientasi pada tugas sosial kontrol, namun lain halnya yang dilakukan LSM Nias Demokrasi yang lebih memfokuskan diri untuk tugas pemberdayaan masyarakat dengan kegiatan yang langsung dapat dirasakan masyarakat khususnya di daerah terisolir.

Untuk mendukung kinerja pemerintah untuk mewujudkan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta hasrat untuk melepaskan diri dari sebutan “keterisoliran dan keterbelakangan”, Lembaga Swadaya Masyarakat Nias Demokrasi (Nias Demo) memberikan pemahaman dan mengajak warga Kecamatan Lolomatua, Nias Selatan untuk membuka badan jalan di beberapa desa.

Kecamatan Lolomatua merupakan bagian dari Kabupaten Nias selatan yang ditempuh sekitar 2 jam dari Teluk dalam ibukota Nias Selatan. Wilayahnya berada di atas daerah pegunungan sehingga termasuk kecamatan yang sangat terisolir dari berbagai aspek. Walaupun daerahnya dikenal subur dan memiliki kekayaan sumber daya alam yang sungguh luar biasa, namun disayangkan, produk hasil bumi warga tidak memiliki harga jual yang maksimal akibat sarana prasanana infrastruktur jalan yang tidak dapat ditempuh kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Sarana jalan aspal yang tersedia dari pedesaan ke ibukota Kecamatan Lolomatua sangat minim sehingga sangat mempengaruhi perekonomian masyarakatnya.

Melihat kondisi ini LSM Nias Demokrasi Cabang Kecamatan Lolomatua, yang terbentuk 2 Mei 2006 mencoba berupaya membantu pemerintah daerah untuk satu terobosan memfasilitasi masyarakat dalam hal pembukaan badan jalan di beberapa desa. “Berawal dari keprihatinan pasca bencana gempa akhir maret 2005 lalu, kawasan ini sulit dimasuki oleh BRR maupun NGO karena akses jalan tidak ada untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, oleh beberapa tokoh masyarakat mencari sebuah lembaga yang dapat memfasilitasi hal itu sehingga kami bergabung dengan LSM Nias Demokrasi di bawah kepemimpinan Melkhior Duha,” jelas penasehat LSM Nias Demo Kecamatan, Lolomatua, Selestinus Laia kepada Waspada, pekan lalu.

Sejak terbentuk LSM Nias Demo Cabang Lolomatua mengadakan konsolidasi dan sosialisasi visi misi lembaga kepada para aktivis dan kader lainnya LSM Nias Demo merupakan lembaga sosial kontrol yang menjadi mitra pemerintah untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan sistem pemberdayaan masyarakat.

Hal senada juga diungkapkan Ketua LSM Nias Demo Cabang Lolomatua, Waozatulo Nduru yang didampingi Sekretaris Bezisokhi Laia mengatakan, hingga saat ini berkat pemahaman dan semangat yang diberikan kepada warga setempat, para warga bahu membahu dalam jangka waktu kurang lebih satu tahun telah berhasil membuka badan jalan sepanjang 10 km lebih yang dapat menghubungkan empat desa.

Selain pembukaan badan jalan, imbuh Waozaro Nduru, LSM Nias demo Cabang Lolomatua juga melakukan sosialisasi tentang kesehatan dan kegiatan perlombaan olah raga dan festival vokal group bagi warga Lolomatua Gebrakan dan terobosan LSM Nias Demo sebagai mitra pemerintah dalam memberdayakan masyarakat kiranya dapat diikuti lembaga lainnya sehingga percepatan pembangunan di segala sektor dapat terwujud dengan baik, kiranya.
Bothaniman Jaya Telaumbanua

Sumber: Waspada, 2 Oktober 2007

Facebook Comments