Nias Selatan, (Analisa)

Wakil Bupati Nias Temazaro Harefa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Nias senantiasa mendukung dan siap memfasilitasi kegiatan organisasi keagamaan di daerah ini, termasuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan BNKP.

Pemkab Nias juga bangga atas peranan dan dukungan Gereja BNKP dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Nias.

Hal itu disampaikannya pada ibadah pembukaan Sinode ke-54 Gereja Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) di Gedung Gereja BNKP Jemaat Yohanes Teluk Dalam, Nias Selatan, ditandai pemukulan gong oleh Bupati Nias Selatan, Fahuwusa Laia, SH.

Dikatakannya, saat ini Pemerintah Kabupaten Nias bersama DPRD Nias dan elemen masyarakat Kabupaten Nias sedang dalam proses memperjuangkan pemekaran Kabupaten Nias yakni pembentukan Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Utara.

Rencana pemekaran ini mendapat dukungan DPRD Provinsi Sumatera Utara, DPR pusat dan Gubernur Sumatera Utara, kita hanya satu langkah lagi yakni rekomondasi dari Departemen dalam negeri, papar Temazaro yang disambut tepuk tangan hadirin.

Melalui pemekaran ini, imbuh Temazaro, kita berharap masyarakat Nias dapat meningkatkan kesejahteraan melalui peningkatan pelayanan publik dan pembangunan perekonomian daerah.

Karena itu, kami mengajak kita semua untuk turut mendoakan kiranya pemekaran Kabupaten Nias segera disahkan pemerintah pusat dan DPR RI sesuai dengan mekanisme, harap Wakil Bupati Nias.

Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan saat ini sedang berada dalam masa rekonstruksi dan rehabilitasi, kita berharap agar program-program yang sedang dan yang akan dilaksanakan baik BRR, NGO dan Pemerintah Kabupaten dapat memberikan bahkan meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

Harus diakui dalam pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi itu, banyak tantangan dan hambatan yang dialami, kita juga tidak bisa menutup mata akan kelemahan-kelemahan yang terjadi pada pelaksanaan R-R, untuk itu diharapkan masyarakat turut memantau dan mengawasi pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi Nias pasca bencana gempa.

Sementara itu, Bupati Nias Selatan, Fahuwusa Laia, SH mengatakan menyambut baik atas pelaksanaan Sinode BNKP ke-54 di Teluk dalam, Nias selatan karena memiliki moment penting, yaitu mengadakan evaluasi dan mengkaji ulang hasil-hasil yang telah dicapai selama ini untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan untuk menetapkan program kerja pada masa yang akan datang.

Sebelumnya, Ketua Panitia pelaksana, El Karya T Wau menjelaskan Sidang Sinode BNKP ke-54 diikuti seluruh Pendeta BNKP se Indonesia mengambil tema: Ia memperbaharuai engkau dalam kasihNya dan sub thema, Melalui persidangan majelis sinode ke 54 BNKP tahun 2007 kita dipanggil untuk berperan aktif untuk melakukan pembaharuan dan meningkatkan pelayanan guna untuk melengkapi orang-orang kudus. (kap)

Sumber: Analisa Daily, 1 Oktober, 2007

Facebook Comments