Jakarta, WASPADA Online

Anggota MPR/DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP), Yasonna H. Laoly mengajak seluruh elemen masyarakat Nias bersatu dan bekerja keras membangun Nias pasca rekomendasi persetujuan DPRDSU atas pemekaran Nias Barat, Nias Utara dan Kota Gunungsitoli.

Laoly mengingatkan pemekaran Nias yang sudah diperjuangkan habis-habisan harus menjadi pilar utama memacu pembangunan dan melomba ketertinggalan Nias dari daerah lain. “Jika DPR menyetujui pemekaran Nias di sidang paripurna, maka Nias terbagi lima daerah tingkat dua, dan menjadi tantangan bagi putra-putri Nias menggali semua potensi guna memacu pembangunan dan mensejahterakan masyarakat Nias yang selama ini jauh tertinggal,” tandas Laoly kepada Waspada, Rabu (26/9) di gedung DPR Jakarta.

Doktor hukum jebolan Amerika Serikat ini meminta masyarakat Nias mengutamakan persatuan dan kesatuan. “Saya menyampaikan harapan ini, agar jangan karena pemekaran akhirnya persatuan dan kesatuan berantakan, hanya karena ambisi seseorang atau kelompok yang menginginkan jabatan kepala daerah. Intinya kita mengajukan pemekaran guna membangun dan mensejahterakan rakyat, bukan hanya untuk mendapatkan jabatan.”

Sementara Kepala Pusat Penerangan Departemen Dalam Negeri (Kapuspen Depdagri), Saut Situmorang mengakui pihaknya belum menerima rekomendasi peretujuan DPRDSU atas pemekaran Nias. “Rekomendasi itu mungkin ditujukan ke DPR RI. Biasanya kalau usulan inisiatif DPR maka rekomendasi akan diusulkan ke DPR dan nanti dalam pembahasanlah DPR menyampaikannya kepada pemerintah,” ujarnya.(aya)

Sumber: Waspada, 29 September 2007

Facebook Comments