Medan (SIB)
Paripurna DPRD Sumut akhirnya menyetujui dan mensahkan Kabupaten Nias menjadi 4 kabupaten/kota masing-masing, Kabupaten Nias (induk) berkedudukan di Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara ibukotanya Lolofaoso, Kabupaten Nias Barat ibukotanya Onolimbu, Kota Gunungsitoli kedudukannya di wilayah Kecamatan Gunungsitoli.

Paripurna pengesahan pemekaran Kabupaten Nias menjadi 4 kabupaten/kota ini dipimpin Ketua DPRD Sumut H Abdul Wahab Dalimunthe SH, didampingi Wakil Ketua Japorman Saragih, H Ali Jabbar Napitupulu dan H Hasbullah Hadi SH, Senin (17/9) di DPRD Sumut sekaligus menandatangani naskah pengesahan, disaksikan Sekdapropsu H Muhyan Tambuse mewakili Gubsu, anggota DPRD Sumut dan para tokoh masyarakat Nias termasuk Wakil Bupati Nias.

Sebelum pemekaran kabupaten Nias jadi 4 kabupaten/kota, dilakukan laporan hasil Pansus, kemudian pembahasan dan pendapat akhir 8 fraksi (FP Golkar disampaikan juru bicaranya HM Zaki Abdullah, F-PDIP oleh Analisman Zaluchu SSos, FP Demokrat oleh Aliozisokhi Fau SPd, F-PPP oleh Drs H Yulizar P Lubis, F-KS, F-PAN, F-PDS oleh Ir SH Situmorang dan F-PBR) yang pada intinya sangat setuju usulan pemekaran.

Tujuh fraksi (F-PG, F-PDIP, F-PD, F-PPP, F-KS, F-PDS dan F-PRB) menyampaikan dukungan penuh atas pemekaran Kabupaten Nias menjadi 4 kabupaten/kota.

Sementara FPAN menyetujui pemekaran Nias menjadi Kota Gunungsitoli, sedangkan kabupaten Nias Utara dan Nias Barat belum dapat dipertimbangkan, sehingga paripurna sempat diskors 5 menit memberi kesempatan kepada pimpinan frasi mengambil satu sikap.

Setelah rapat pimpinan fraksi, Ketua FPAN Ibrahim Sakty Batubara akhirnya menyatakan secara langsung tidak keberatan dimekarkan menjadi 4 kabupaten/kota, meski sebelumnya hanya menyetujui Kota Gunungsitoli.

Gubsu Rudolf M Pardede dalam sambutan tertulis dibacakan H Muhyan Tambuse menyatakan, persetujuan DPRD Sumut terhadap pemekaran Kabupaten Nias secepatnya direkomendasikan ke Mendagri sesuai dengan UU yang berlaku, karena Kabupaten Nias layak dimekarkan.

Ketua DPRD Sumut Wahab Dalimunthe SH juga menyatakan, jika pemerintah pusat menyetujui rekomendasi pemekaran Kabupaten Nias menjadi 4 kabupaten/kota, berarti kabupaten/kota di Sumut akan berjumlah 33. “Mudah-mudahan Sumut bisa jadi 5 propinsi,” ujar Wahab tanpa merinci kelima propinsi yang disebutnya.

Wahab juga menyerukan, perlunya kebersamaan antara Pemkab dan DPRD Nias, karena tugas dan perjuangan pemekaran Nias masih panjang. “Sementara ini jangan dipersoalkan siapa yang jadi bupati/wakil bupati, tapi terpenting pemekaran ini disetujui pusat sudah bagus,” ujar Wahab.

Setelah keluarnya persetujuan DPRD Sumut tentang pemekaran Nias menjadi 4 Kabupaten/Kota itu, suasana ruang paripurna menjadi riuh disertai dengan tepuk tangan yang meriah dari tokoh masyarakat, politisi, tokoh agama yang memadati ruang paripurna dan sebahagian masyarakat membagi-bagikan setangkai bunga kepada seluruh anggota dewan dan masyarakat yang hadir sebagai tanda kegembiraan. (M10/t)

Sumber: SIB, 18 September 2007

Facebook Comments