Gunungsitoli (SIB)
Ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Nasional (STIE Pembnas) Nias, Jumat (7/9) melakukan demonstrasi di Kampus meminta segera dilakukan pemilihan Ketua STIE Pembnas Nias.

Mahasiswa yang melakukan demonstrasi dikoordinator Yunus Ishak Halawa. Pada pernyataan sikap Yunus mempertanyakan keabsahan lembaga STIE Pembnas Nias yang dikelola Pemkab Nias.

Hampir semua yang menjadi kepentingan mahasiswa STIE Pembnas Nias tidak pernah menjadi agenda bagi Yayasan Perti Nias. Salah satu contoh konkritnya sudah hampir 1 tahun STIE Pembnas Nias tidak dipimpin direktur yang defenitif.

Ruang belajar katanya tidak memadai, apalagi kelengkapan lain seperti perpustakaan, laboratorium. Padahal biaya pendidikan yang harus dibayar cukup besar. Keluhan serupa telah dipertanyakan beberapa waktu lalu kepada utusan Yayasan Perti Nias tetapi hingga saat ini tidak ada jawaban yang pasti sehingga sampai sekarang tidak ada pimpinan yang defenitif.
STIE Pembnas Nias tidak mempunyai gedung sendiri dan hanya menumpang di Kampus IKIP Gunungsitoli. Untuk itu, Yayasan Perti Nias diminta bertanggungjawab.

Dalam orasinya mahasiswa STIE Pembnas Nias menyampaikan pernyataan, percepat proses pemilihan Ketua STIE Pembnas Nias dan segera sahkan tata tertib pemilihan sesuai dengan Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas dan Undang-undang RI nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Demonstrasi berjalan aman dan tertib, Kasat Intel Polres Nias AKP O Gulo SH dan Kaur Bin Intel Polres Nias Iptu Heri Sihombing melakukan pemantauan.

Setelah mahasiswa selesai demonstrasi, baru datang seorang utusan dari Yayasan Perti Nias, berjanji kepada mahasiswa akan memberikan jawaban. (T-15/v)

Sumber: SIB, 8 September 2007

Facebook Comments