Marsipature Hutanabe Add commentsNias Selatan (SIB)
Satu proyek DAK TA 2006 di Kimpraswil Nisel yakni Pembangunan Daerah Irigasi Saraina Desa Tetezou Kecamatan Lahusa berbiaya Rp 500 juta lebih telah siap dikerjakan sebelum Pengesahan APBD Nisel TA 2007. Padahal DPRD Nisel sebelumnya telah menegaskan supaya proyek DAK TA 2006 pelaksanaannya ditangguhkan sampai pengesahan P-APBD Nisel TA 2007.

Kadis Kimpraswil Nisel Drs Baloni Halawa yang ditemui SIB di ruang kerjanya menjelaskan, bahwa proyek DAK TA 2006 belum bisa dilaksanakan sebelum adanya pengesahan APBD TA 2007 oleh DPRD. Namun pihak Kimpraswil terpaksa melaksanakannya dengan dua alasan yaitu pertama, supaya dana tersebut jangan sampai ditarik kembali oleh Pemerintah pusat serta untuk tidak terkendalanya kuncuran DAK TA 2007, dan yang kedua berdasarkan Perintah/Rekomendasi Bupati Nisel.

Anggota Komisi C DPRD Nisel bermarga Wau yang dikonfirmasikan SIB mengatakan bahwa proyek DAK tersebut sama sekali belum mereka ketahui dan tidak dibenarkan pelaksanaannya sebelum pengesahan APBD. “Karena itu akan kami jadikan bahan pertimbangan untuk dibahas melalui rapat Dewan karena hal ini suatu pelanggaran dan pembodohan terhadap rakyat,” tegasnya. (T16/i)

Sumber: SIB, 27 Agustus 2007

Facebook Comments