Jalan Hotmix Teluk Dalam-Gunungsitoli, Baru Selesai Dikerjakan Sudah Rusak

Friday, August 17, 2007
By nias

Nias (SIB)
Jalan Hotmix Teluk Dalam Nisel (Nias Selatan) menuju Gunungsitoli Nias yang baru beberapa bulan selesai dikerjakan, sudah berlubang-lubang. Pengamatan SIB hampir setiap 50 meter terdapat lubang di badan jalan. Jalan yang dibangun tersebut cepat rusak diduga karena saat hujan dilakukan pengaspalan.

Kepala BRR (Badan Rehabilitasi dan Rekrontruksi) bidang jalan propinsi B Sitompul yang diminta SIB tanggapanya via telepon, mengatakan, sudah memerintahkan pelaksana untuk memperbaikinya. Katanya pengawas tidak berfungsi. “Saya sudah marah-marah pada pengawas,” ujarnya.

Sitompul menyesalkan pengawas yang tidak berfungsi maupun pelaksana TA yang terkesan tidak bangga kalau proyeknya bagus.

Menurutnya, kalau dibangun sesuai dengan bestek, jalan hotmix paling sedikit 5 (lima) tahun baru rusak.
Masyarakat mengharapkan petugas hukum mengusut pembangunan jalan ini karena diduga tidak sesuai bestek. Akibatnya jalan yang rusak ini biaya transport lebih mahal.

Yul (Ama Sona) pengusaha angkutan Gunung Pangrango yang diminta SIB tanggapannya mengatakan, akibat banyaknya jalan yang rusak ongkos bus Gunungsitoli-Teluk Dalam dikutip Rp40.000/orang yang jaraknya hanya 120 Km. “Jika jalannya mulus ongkos bisa diturunkan menjadi Rp 30.000/orang,” ujarnya.

Demikian juga jalan di tempat lain, banyak jalan yang sudah berlubang-lubang meski baru beberapa bulan dikerjakan, seperti jalan ke Sirombu, Lahewa.

“Akibatnya jalan yang buruk, terpaksa ongkos transport kami naikkan untuk menutupi biaya operasional yang meningkat,” ujar Ama Sona. (OLS/i)

Sumber: SIB, 17 Agustus 2007

3 Responses to “Jalan Hotmix Teluk Dalam-Gunungsitoli, Baru Selesai Dikerjakan Sudah Rusak”

  1. 1
    NoE Abksn Says:

    Juli 2007 kemarin saya baru lewat jalan itu, kesannya bagus banget apalagi kalau kita ingat jalan tersebut sebelum di hotmix, malahan bisa dua jalur .
    Tapi denger berita diatas, jadi ikut sedih, terkesan sekali pekerjaan hotmix tsb cuma mengejar target untuk menghabiskan dana yang sudah dianggarkan.
    JADI MENDINGAN DIBUAT RAME AJA….USUT LAH…..masa mentang-mentang jauh dari ibukota propinsi apalagi ibukota negara………….selalu begitu…..kapan lagi si penikmat korupsi bisa nikmati jeruji bui…………….USUT SAJA LAH………….., yang pasti hotmix jalan itu dikerjakan underspec………..AYO USUT………….

  2. 2
    Dr.Ir.Arwin SABAR,MSc Says:

    Dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi seperti jalan hotmix Teluk Dalam -G.Sitoli baru saja dibangun begitu penting menyangkut hidup orang banyak , sudah menunjukkan ketidakberesan dalam proses konstruksinya . Dengan iklim basah P. NiAS dengan hari hujan lebih dari 200 hari setahun akan menjadi apa konstruksi jalan tsb. Saya setuju perlu dilakukan pemeriksaan / pengawasan lebih ketat pembangunan fisik di Kab. Nias dan Nisel . Dimana fungsi-fungsi pengawasan dari bapak -bapak ketua /kepala institusi yang berwewenang merekonstruksi Kab. Nias dan Nisel menjadi perhatian adanya.

    Saya setujui dilakukan segera Prosedur pemeriksaan konstruksi Simak jalan G.sitoli-Teluk, spy menjadi perhatian bagi yang lain dan tak tidak terulang lagi pada konstruksi-konstruksi fisik lainnya.

    Dr.Ir.Arwin Sabar, MSc

  3. 3
    David Suhartono Says:

    Yth
    Dr.Ir.Arwin Sabar,MSc
    Ditempat.

    Dengan Hormat.
    Saya selaku marketing alat berat jakarta ingin mencari informasi apakah saat ini untuk pembangunan di daerah Nias sangat membutuhkan alat berat,andaikan ada yang bisa kami bantu baik dalam pengadaan alat berat maupun pembelian alat berat yang sudah tidak layak pakai jangan sungkan untuk coba menghubungi kami via email mapun meninggalkan pesan lewat website kami.
    Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

August 2007
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031