Persentase Penggunaan Bahasa Daerah di Indonesia Didominasi Bahasa Batak 9,8 Persen

Tulisan berikut sangat menarik dan penting sebagai pertimbangan akan kajian ilmiah terhadap pemakaian bahasa Nias. Bagaimana bahasa Nias dipresentasikan oleh pemakainya pada masa lalu dan masa kini, hanyalah sebatas sebuah pertanyaan saja apabila diberi penjelasan sebatas: kurang, cukup, baik, dan sangat baik. Sejumlah journal dan media massa telah memberi sinyal penting bahwa bukan tidak mungkin, satu per satu bahasa suku di Tanah Air, tidak terkecuali bahasa Nias suatu saat punah atau kehilangan “keasliannya” karena turut membaurkan diri dengan pengaruh dari bahasa asing. Semoga artikel ini bermanfaat. (ya’ahowu/katitira)

Medan (SIB)
Kepala Pusat Bahasa Depdiknas melalui Kepala Bidang Pengembangan Pusat Bahasa Dr Sugiono mengatakan, persentase penggunaan bahasa daerah di Indonesia tertinggi masih didominasi Bahasa Batak sekira 9,8 persen dan persentase terkecil adalah Bahasa Bali yaitu 2,1 persen karena suku atau warganya cenderung menggunakan bahasa asing.

Hal itu disampaikannya pada acara “Sosialisasi Rancangan Undang-Undang (RUU) Kebahasaan” di Auditorium Hotel Garuda Citra Jalan Sisingamangaraja Medan, Selasa (14/8).

Ditegaskan, mencermati menurunnya persentase penggunaan atau pemakaian sejumlah bahasa daerah jika tidak ditangani secara benar dan serius dikhawatirkan keberadaannya secara perlahan akan hilang atau redup dari tengah-tengah masyarakat maupun bangsa.

“Dari 731 bahasa daerah yang ada di tanah air, yang tunggal sekarang hanya 726 karena 5 di antaranya sudah redup atau hilang,” ujarnya.

Kepala Balai Bahasa Medan Prof Dr Amrin Saragih MA menjelaskan, Balai Bahasa Medan merupakan perpanjangan tangan Pusat Bahasa Depdiknas (Departemen Pendidikan Nasional) menangani masalah bahasa di daerah ini. Sementara itu Pusat Bahasa sendiri bertanggung jawab atas persoalan kebahasaan di Indonesia. (M 11/m)

Sumber:http://hariansib.com/2007/08/15/persentase-penggunaan-
bahasa-daerah-di-indonesia-didominasi-bahasa-batak-98-persen/,
tgl. 15 Agt. 2007

Komentari

indra says:

Tolong diberikan sejumlah informasi tentang sejarah kamus bahasa daerah di indonesia, sehingga dari bukti otentik ini eksistensi bahasa daerah tersebut sekarang ini bagaimana?

Redaksi-Katitira says:

Bu Yusnita,

artikel ini dikutip dari situs Harian SIB, alamat berita dapat Anda lihat di bagian terakhir artikel ini. Pertanyaan yang Anda telah tulis silakan kirimkan kepada narasumber, seperti yang tercantum di artikel tersebut di atas melalui Harian SIB atau ke Pusat Bahasa Depdiknas.
Satu alamat situs kami temukan melalui situs pencari dengan mengetik “Pusat Bahasa DEPDIKNAS”: http://www.pusatbahasa.diknas.go.id/

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Salam,
Redaksi-Katitira

yusnita says:

Bahasa Batak mendominasi pemakaian bahasa daerah di Indonesia itu memang wajar. Selain karena di setiap pulau di Indonesia tinggal orang batak, mereka juga sistem kekeluargaan sesama perantau juga erat. Akibatnya mereka masih tetap mempertahankan bahasa daerah mereka. Namun saya ingin bertanya. Apakah prosentase penggunaan bahasa Indonesia di Indonesia memiliki persentase yang sama, lebih besar atau malah lebih kecil. Terima kasih apabila katitira memberikan data secara nominal persentase penggunaan bahasa Indonesia oleh penduduk Indonesia. Terima kasih juga katitira dapat merekomendasi alamat sumber data tentang data persentase tersebut secara lengkap.