TOKYO – Yone Minagawa, yang menjadi orang tertua di dunia awal tahun ini, meninggal di rumah panti di sebelah barat daya Jepang. Demikian sumber resmi memberitakan. Yone Minagawa berumur 114 tahun.

Minagawa yang membesarkan 4 anak laki-laki dan seorang anak perempuan dari hasil menjual kembang dan sayur-mayur meninggal karena usia lanjut hari Senin, kata Toshiro Tachibana, seorang pejabat di rumah Panti di Fukuchi, sekitar 600 km sebelah barat daya Tokyo.

“Selera makan Ibu Yone Minagawa semakin berkurang hari-hari terakhir, demikian juga tenaganya,” kata Tachibana. Kematiannya tidaklah tiba-tiba.

Lahir pada tanggal 4 Januari 1893, Minagawa masuk Guinness Book of World Records pada bulan Januari 2007 sebagai orang tertua di dunia setelah kematian Emma Faust Tillman dari Amerika Serikat yang juga berusia 114 tahun.

Seluruh anak Minagawa telah meninggal mendahuluinya, kecuali salah seorang anaknya perempuan. Minagawa memiliki 7 cucu, 12 cicit, dan dua “cucu-cicit” (anak dari cicitnya).

Jepang merupakan salah satu negara dengan harapan hidup paling tinggi – pada tahun 2006 harapan hidup rata-rata bagi perempuan adalah 85.81 tahun dan laki-laki 79 tahun. Ini sering dikaitkan dengan diet yang kaya dan sehat: ikan dan nasi.

Jumlah orang Jepan yang mencapai usia di atas 100 meingkat empat kali lipat dalam 10 tahun terakhir dan diharapkan segera akan mencapai 28000 orang. Demikian pengumuman pemerintan bulan September tahun lalu.

Sumber: Yahoo News, 14 Agustus 2007

Facebook Comments