Catatan: Surat elektronik seperti yang disajikan berikut hampir setiap hari masuk ke kotak imel kita masing-masing. Tergantung dari siapa kita, kesan pertama kita sehabis menyimak isi imel tersebut beragam: ada yang merasa kesal karena mailbox-nya dibanjiri terus menerus oleh imel kategori ‘sampah’, ada yang menganggapnya sebagai sesuatu kelucuan, dan ada juga yang menganggapnya serius dan terperangkap. Surat elektronik berikut masuk dalam kategori “hoax” yang secara harfiah dapat diterjemahkan “tipuan”, “kebohongan”, “kepalsuan”.

Berikut adalah beberapa jenis hoax[1]:

Peringatan tentang Virus:
Imel jenis ini menyebarkan peringatan tentang adanya virus berbahaya yang akan mengancam komputer kita, padahal ancaman virus itu bohong.

Mitos Urban
Peringatan dan kisah tentang hal-hal buruk yang terjadi kepada orang dan binatang yang sebenarnya tak pernah terjadi.

Pemberian cuma-cuma
Kisah tentang hadiah dari perusahaan-perusahaan besar. Jika anda meneruskan imel macam ini, konon perusahaan besar tertentu akan mengirim uang, pakaian atau tiket libur gratis kepada Anda.

Peringatan tak berguna
Imel yang mengirim peringatan tentang sesuatu yang sudah kedaluwarsa atau sesuatu yang sebenarnya tidak perlu dikuatirkan.

Surat simpati dan permintaan untuk menolong seseorang
Imel permohonan bantuan untuk menolong seseorang atau bersimpati kepada seseorang yang sedang dalam persoalan, dalam bahaya atau mengalami kecelakaan.

Surat berantai tradisional

Surat (imel) berantai dengan ancaman: akan mendapat kesialan kalau surat (imel) tersebut tidak diteruskan. Ada juga surat berantai yang berisi permintaan untuk mengirim uang kepada pengirim terdahulu yang namanya tercantum paling atas dalam surat itu.

Surat berantai ancaman

Surat (imel) berantai yang mengancam akan membahayakan diri Anda, komputer Anda atau seseorang yang lain kalau (pesan) surat tersebut tidak disebarluaskan.

Rantai Penipuan (Scam)
Pesan-pesan yang datangnya seolah-olah dari perusahaan/orang tertentu dan bertujuan melakukan penipuan. Contoh imel yang di bawah termasuk dalam kategori ini.

Rantai ketakutan
Imel yang berisi peringatan akan terjadinya peristiwa yang mengerikan pada seseorang (teruatama perempuan).

Kelakar
Pesan-pesan peringatan yang sebenarnya bagi yang bersikap sedikit kritis mudah mengklasifikasikannya sebagai hal yang tak mungkin terjadi (biasanya diawali dengan hal-hal yang kelihatannya serius tetapi dalam pesan terselip hal-hal yang janggal). Akan tetapi tidak jarang ada yang terkecoh dengan isi imel berantai semacam ini.

Doa dan berkat
Surat berantai yang berisikan doa-doa atau kata-kata mutiara yang “relijius” yang meminta penerimanya untuk mengirimkan sebanyak-banyaknya kepada sahabatnya, karena nanti akan mendapat pahala besar dari Tuhan Yesus, Bunda Maria, dan sebagainya. [Bisa saja Anda beragumen: “Apa salahnya ?” Ya salah, karena Anda mengharapkan yang terlalu besar (suatu “pahala”) hanya dengan tekanan jari-jari Anda pada tuts di papan ketik komputer Anda.]

Kisah nyata
Kisah nyata yang memang benar-benar terjadi dan sudah diketahui umum namun tetap saja disebarluaskan.

Sejarah/kisah Yang Dimanipulasi
Kisah nyata yang berisi fakta-fakta yang telah “ditukangi” untuk kepentingan politik pihak tertentu. (brk)

*******
MY GOOD WILL

Hello,

I am Adekunle Michael, a wealthy 57 years old Real Estate Merchant based in Europe, I have been diagnosed with kidney Cancer a Disease that has defiled all forms of medical treatment, destroying my heart and kidney. This happened after I lost my only son and wife in IFE and Modakeke war on visit to my home town, you can confirm the fact from this web
page news.bbc.co.uk/1/hi/world/africa/684449.stm.

My doctor report indicates that I have but only a short time to live, but right now some of my business, properties and investment are being diverted or confiscated by some business associates and Family members who wish me dead knowing my present condition. I realized that i have to make trade-offs to charity.As a mission to fulfill my commitments to affect lives and the less privilege. I have set aside my insurance company share worth of (EIGHT HUNDRED AND TWENTY THOUSAND UNITED STATES DOLLARS) with a reputabe Insurance Company in Nigeria which i intend to distribute to charity through you. Every document that will facilitate the
release of this fund to you as the beneficiary without delays are intact. You will be rewarded for your effort.

I selected you for this Purpose and prayed over it, I am willing to donate the sum of Seven Hundred thousand US Dollars to you for the development of the well being of handicapped in the society and also as aids for the less privileged, and I have map out One Hundred Thousand US Dollars for your own personal use to help me for this work. Please, do not reply me if you have the intention of using this fund for personal use because I need you to collect this deposit and use it for Charity such as those that cater for the recent New Orleans,Mississippi USA, Katrina Disaster, HIV/AIDS research and enhancement of the comfort of the Handicapped.

Forward to me your full contact thus: Your full name: Your full address: Your telephone/cell number: Your fax Number: Your full company name/position presently held: Your age Lastly, I want you/your home to be praying for me as regards my entire life and my health because I have come to find out since my spiritual birth lately that wealth acquisition without God one’s life is vanity upon vanity. I await your reply as my contacting you is divine, I will not contact anybody until I hear from you.

Kind regards,

AM

***
NIAT BAIK SAYA
Saya Adekunle Michael umur 57 tahun seorang dealer rel estat di Eropa. Saya didiagnosa menderita kanker ginjal, suatu penyakit yang sulit disembuhkan, yang merusak jantung dan ginjal saya. Hal ini terjadi setelah saya kehilangan anak dan istri dalam perang IFE dan Modakeke dalam kunjungan ke kota saya. Fakta ini dapat anda konfirmasikan pada link berikut: news.bbc.co.uk/1/hi/world/africa/684449.stm.

Dokter saya mengindikasikan bahwa saya hanya bisa bertahan hidup dalam waktu yang singkat, sementara saat ini sejumlah bisnis, properti dan investmen saya sedang dialihkan atau disita oleh rekan-rekan dan anggota-anggota keluarga saya yang berharap saya cepat mati. Atas alasan itulah, saya ingin menyumbang untuk tujuan sosial (karitas). Untuk memenuhi komitmen saya untuk menyumbang bagi kehidupan orang-orang yang malang, saya telah menyisihkan saham bisnis asuransi saya sebesar 820,000 dolar Amerika dengan perusahaan asuransi terkemuka di Nigeria yang saya ingin bagi-bagikan ke karitas melalui Saudara. Setiap dokumen yang akan memfasilitasi dana ini kepada Saudara sebagai penerima adalah utuh (lengkap). Saudara akan mendapat bagian dari usaha Saudara.

Saya telah memilih Saudara untuk tujuan ini dan berdoa untuk itu. Saya ingin menyumbang sebesar 700,000 dolar kepada Saudara untuk kesejahteraan orang-orang yang kurang beruntung dalam masyarakat.

Saya telah menyisihkan 100,000 dolar untuk Saudara pribadi untuk menolong saya merealisasikan karya sosial ini. Jangan membalas surat ini kalau Saudara berniat menggunakan dana ini untuk kepentingan Saudara sendiri karena saya memerlukan Saudara untuk mengumpulkan deposito ini dan menggunakannya untuk kegiatan karitas seperti untuk menolong orang-orang yang kena bencana baru-baru ini di New Orleans, Mississippi, bencana Katrina, riset HIV/AIDS dan peningkatan kenyamanan para penderita cacat.

Kirimkan kepada saya detail diri Saudara: nama lengkap, alamat lengkap, no telpon/hp, no. faks, nama perusahaan / jabatan saat ini, umur Saudara.

Terakhir, saya mengharapkan Saudara dan keluarga mendoakan saya karena saya telah sampai pada kesimpulan sejak kelahiran spiritual saya baru-baru ini bahwa harta kekayaan tanpa Tuhan adalah kesia-siaan dalam kehidupan seseorang.

Saya menunggu jawaban Saudara karena saya mengontak Saudara melalui campur tangan Tuhan. Saya tidak akan mengontak yang lain sebelum saya mendapat balasan dari Saudara.

Salam,

AM

[1] Dari Situs Hoaxbuster dengan sejumlah perubahan.

Facebook Comments