Medan (SIB)
Musda I Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Sumut akan digelar hari ini, Rabu (8/8) di Hotel Semarak Int Medan. Wadah HIMNI sebagai satu-satunya organisasi masyarakat Nias terstruktur dari pusat sampai daerah adalah tempat berkumpulnya tokoh-tokoh masyarakat Nias, cendikiawan, orang-orang yang punya potensi dan lainnya.

Organisasi HIMNI memang telah banyak berbuat untuk menjawab persoalan yang ada dan menyalurkan aspirasi masyarakat Nias untuk mengejar ketertinggalannya, sehingga wadah ini telah memasyarakat. Karena itu tidaklah heran apabila banyak orang yang mau memimpin HIMNI khususnya daerah Sumut sebagai basis, kata Ketua Panitia Musda HIMNI Sumut Drs Penyabar Nakhe kepada pers, Selasa (7/8).

Namun, dari sejumlah nama yang bakal memimpin HIMNI Sumut, disebut-sebut Sudirman Halawa SH adalah orang paling tepat, karena selain masih muda, energik, mampu membina hubungan ke dalam maupun ke luar, begitu peduli dengan masyarakat Nias khususnya warga lemah dan telah banyak berbuat untuk masyarakat Nias melalui HIMNI.

Sudirman Halawa yang ditanya pers tentang kesiapannya mengemban tugas mulia itu, dengan tegas mengatakan kalau Tuhan mengizinkan saya untuk menyatukan segala potensi yang ada membangun kepulauan Nias, saya siap, katanya.

Ketika bencana banjir melanda Nias tahun 2001 katanya, disusul tsunami tahun 2004 dan gempa bumi dahsyat yang meluluhlantakkan bumi Nias tahun 2005, banyak warga begitu juga masyarakat Nias di berbagai daerah ingin membantu, tapi tidak tahu ke mana menyalurkan bantuannya.

Sambil mengenang peristiwa itu, sesekali Sudirman Halawa menghapus air matanya. HIMNI memang telah terbentuk tapi tidak ada sekretariat, maka Sudirmanpun memberikan kantornya sebagai sekretariat HIMNI Sumut hingga saat ini, dan bantuan-bantuan ke kepulauan Nias banyak yang disalurkan melalui sekretariat itu. Dengan terpilihnya pengurus baru, panitia Musdapun bermaksud akan menyediakan sekretariat tetap bagi HIMNI, kata Sudirman yang juga sebagai wakil ketua panitia Musda.

Disebutkan, HIMNI perlu diurus dengan baik. HIMNI tidak boleh kemana-mana tetapi orang HIMNI boleh di mana-mana. HIMNI harus menjadi pelopor untuk mengejar ketertinggalannya dengan meningkatkan pembangunan di kepulauan Nias.

Iapun memohon dukungan masyarakat khususnya dari warga Nias. “Mari tingkatkan kinerja, bangun komunikasi instruktif antara sesama masyarakat Nias di seluruh pelosok,” katanya. (Pr4/g)

Sumber: SIB, 8 Agustus 2007

Facebook Comments