Jakarta–RRI-Online, Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) mengimbau para lulusan SLTA dan sederajat yang telah mengetahui sebagai peserta yang dinyatakan lulus SPMB agar segera mencari informasi persyaratan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di PTN yang ditujunya.

“Kami anjurkan mereka yang lulus itu mencari informasi kapan pendaftaran mulai dibuka, di mana, bayar berapa ke PTN tempat mereka akan kuliah,” kata Sekretaris Eksekutif Perhimpunan SPMB Soesmalijah Soewondo di Jakarta, Jumat (3/8).

Namun demikian, ujarnya, pihaknya juga menyediakan Koran SPMB yang diberikan secara gratis di UI Jl Salemba no 4 Jakarta bagi warga Jakarta yang ingin mencari informasi tentang PTN yang dituju.

“Tidak semua yang lulus SPMB ini kan mendapat PTN di Jakarta, Depok atau Bogor. Banyak juga yang mendapatkan PTN di Bandung, Surabaya bahkan di luar Jawa dan membutuhkan informasi itu,” katanya.

Pihaknya menyediakan tujuh edisi koran SPMB, ujarnya, antara lain edisi Jakarta-Bogor-Bandung yang memberi informasi tentang bagaimana mendaftar, besar biaya, dokumen yang dibawa misalnya ijasah, bukti hadir di SPMB, materai, serta persyaratan lainnya di UI, UNJ, UIN, IPB, ITB dan Unpad.

Soesmalijah mengatakan, peserta yang lulus SPMB tahun ini sebesar 90.815 orang atau 23,3 persen dari 393.168 peserta.

Sementara itu, di Balairung UI Depok mulai terlihat banyak kendaraan dan para pemuda yang telah diterima di UI dan sedang mencari infomasi mengenai pendaftarannya.

Jumat pagi koran-koran membeberkan nama-nama yang lulus SPMB tahun ini di 56 PTN penyelenggara SPMB. Hasil SPMB juga diumumkan pada Kamis 2 Agustus 2007 melalui situs www.spmb.or.id pukul 20.00 WIB.

Sebelumnya ujian tulis SPMB berlangsung dua hari 4-5 Juli 2007 di 37 Panitia Lokal dan 56 PTN di Indonesia. Jumlah pendaftar SPMB 2007 total adalah 393.168 peserta, meningkat 14,58 persen dibanding tahun 2006.

Tercatat warga negara asing yang ikut mendaftar 129 orang masing-masing satu di Jakarta dan di Palembang sedangkan 127 lainnya di Panitia Lokal Khusus Kuala Lumpur Malaysia.

Sedangkan daya tampung PTN untuk peserta SPMB mencapai 96.066 orang untuk program studi 1.924 program dengan program studi favorit masih kedokteran.

Regional I adalah PTN-PTN di wilayah Sumatera, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Kalimantan Barat, regional II PTN di Jateng, Yogyakarta, Kalteng, Kalsel dan Kaltim, sedangkan regional III PTN di Jatim, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Sumber: RRI Online, 3 Agustus 2007

Facebook Comments