Medan, (Analisa)

Sebanyak 2.906 peserta dinyatakan lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sumatera Utara (USU) dan 2.260 peserta lainnya di Universitas Negeri Medan (Unimed).

Ketua Panitia Lokal (PL) SPMB USU, Sumono, menyampaikan pengumuman hasil SPMB tersebut kepada wartawan di Biro Rektor USU, Kampus Padang Bulan, Medan, Kamis (3/8).

Sumono didampingi Pembantu Rektor (PR) II USU, Subhilhar, Sekretaris Eksekutif Rektor, Lian Dalimunthe dan Penanggungjawab Informasi SPMB, Siswo Suroso dan Kepala Humas USU, Hj Nurhaina Burhan.

Selain hasil SPMB, juga diumumkan hasil ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Reguler Mandiri (SPMPRM), dan Prodi S-1 baru.

Sumono menjelaskan, dari 48 prodi, enam besar penerima mahasiswa terbanyak di universitas ini adalah Ilmu Hukum dengan 192 mahasiswa baru, Manajemen (160), Akuntansi (153), Pendidikan Dokter (143), Kesehatan Masyarakat (132) dan Teknik Sipil (109).

Sementara prodi dengan jumlah mahasiswa paling minim adalah Sastra Daerah untuk Sastra Melayu dan Sastra Daerah untuk Sastra Batak yang masing-masing hanya berjumlah 14 orang.

Selain melalui media cetak, pengumuman SPMB 2007 ini juga bisa diakses melalui internet di situs www.spmb.or.id mulai kemarin (2/8) pukul 20.00 WIB. USU juga menyediakan fasilitas ini pada situs http://psi.usu.ac.id/umptn. Hanya saja, pengumuman lewat situs ini baru bisa diakses mulai besok, Sabtu (4/8).

Sumono mengungkapkan, berdasarkan nilai kelulusan, maka nilai rata-rata kelulusan mahasiswa baru di USU untuk tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara untuk keketatan persaingan, untuk Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), USU berada di peringkat kedua di bawah Universitas Negeri Medan (Unimed), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berada di peringkat kelima dengan peringkat pertama dan kedua Universitas Riau (Unri) dan Universitas Indonesia (UI).

“Untuk pendaftaran, USU berada di peringkat pertama,” kata Sumono yang juga Purek I USU.

Untuk tahun ini, secara keseluruhan USU menampung sebanyak 6.675 mahasiswa baru. Selain lewat jalur SPMB, mereka diterima melalui jalur Panduan Minat dan Prestasi (PMP), SPMPD, SPMPRM dan Prodi Baru, yakni Teknologi Perangkat Lunak dan Sastra China.

UNIMED

Sementara itu, Penanggungjawab SPMB PL-12 Unimed Prof Dr Hj Djanius Djamin SH MS didampingi PR I Prof Slamet Triono MSc PhD, PR II Drs Chairul Azmi MPd, PR III Drs Binner Ambarita MPd dan PR IV Dr Berlin Sibarani mengatakan, tahun akademik 2007/2008 ini Unimed menerima 5.029 mahasiswa baru.

Masing-masing melalui jalur SPMB sebanyak 2.084 orang untuk menempati 5 fakultas dan 42 Prodi yang ada. Selebihnya sebanyak 2.260 orang diterima melalui jalur ekstensi dan sebanyak 685 orang lainnya melalui jalur Pemanduan Minat dan Prestasi (PMP).

Untuk tahun ini, Unimed menduduki ranking pertama pada keketatan persaingan pada bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan menduduki tempat keempat untuk bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Ditambahkan, yang mendaftar ke Unimed dari seluruh Indonesia berjumlah 32.000 orang. Sedangkan yang mendaftar di Unimed sebanyak 15.996 orang.

“Unimed masuk dalam peringkat lima besar PTN yang diminati di Sumatera. Ini merupakan prestasi membanggakan bagi seluruh sivitas akademika Unimed serta patut dipertahankan dan ditingkatkan,” tambah Djanius.

REGISTRASI
Sementara itu, untuk proses registrasi calon mahasiswa baru USU dimulai besok (H+1), Sabtu (4/8) hingga H+3.

Pemeriksaan kesehatan, pemberian Nomor Induk Mahasiswa (NIM), pembayaran Sumbangan Pokok Pendidikan (SPP) dan Dana Kelengkapan Akademik (DKA) serta pendaftaran kembali pada H+4 hingga H+8.

Sedangkan di Unimed proses registrasi dan pengambilan formulir dimulai 6-14 Agustus 2007. (gas/sah)

Sumber: Analisa, 3 Agustus 2007

Facebook Comments