BANDUNG, (PR).-
Sebanyak 90.815 peserta dinyatakan lulus pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2007. Mereka diterima di 1.799 program studi yang tersebar di PTN seluruh Indonesia.

Sekretaris Eksekutif Panitia Lokal Bandung Asep Ghana Suganda, Kamis (2/8), mengatakan, untuk panitia lokal Bandung, sebanyak 8.581 orang dari 28.250 peserta yang mendaftar dinyatakan lulus. Sebanyak 1.650 orang di antaranya diterima di Institut Teknologi Bandung, 3.780 orang diterima di Universitas Padjadjaran, 2.830 diterima di Universitas Pendidikan Indonesia, dan 321 orang diterima di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

”Untuk UIN yang baru tahun ini melakukan seleksi melalui SPMB, ada sedikit penambahan. Semula mereka hanya menerima 250 orang,” katanya.

Peserta yang diterima tahun ini, jumlahnya mengalami sedikit peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun lalu, peserta yang lulus sebanyak 7.328 orang untuk panitia lokal Bandung saja. Sementara secara nasional, peserta yang diterima tahun lalu sekitar 88.000 orang.

Selain dapat dibaca di Harian Umum Pikiran Rakyat, pengumuman SPMB juga bisa dilihat di empat perguruan tinggi negeri di Bandung melalui koran pengumuman SPMB yang dibagikan secara gratis oleh panitia lokal.

Hasil SPMB juga bisa dilihat di situs www.spmb.or.id sejak pukul 20.05 WIB. Caranya, pengguna internet memasukkan nomor peserta sebanyak 10 digit. Jika nomor yang dimasukkan ternyata diterima, akan ada jawaban bahwa nomor yang dimaksud diterima dalam nomor sekian-sekian.

Misalnya, peserta nomor 1072800602 saat dimasukkan akan mendapatkan jawaban, ”diterima di program studi 280341.” Daftar program studi tercantum dalam buku petunjuk pendaftaran SPMB. Sedangkan peserta yang tidak lolos akan mendapat jawaban, ”Maaf nomor yang Anda masukkan tidak terdapat dalam daftar peserta yang diterima.”

Semalam, sejumlah peserta SPMB tampak memenuhi warnet untuk mengakses situs tersebut. Pemandangan itu terlihat di kawasan Buahbatu dan Dipati Ukur Bandung. ”Pengguna internet memang sedikit antre karena banyak pengunjung malam ini. Dari pengunjung itu, mungkin banyak juga yang buka situs pengumuman SPMB,” ujar Agan (25), salah seorang penjaga warnet di kawasan Buahbatu.

Meski penuh, situs www.spmb.or.id dapat diakses dengan lancar. Hal tersebut diakui Nia (22), salah seorang pengunjung warnet yang membuka website SPMB. Dengan membuka website, Nia berharap bisa mengetahui hasil SPMB untuk kedua sepupunya, Gery (17) dan Dika (18) lebih cepat. ”Kirain bakal susah, ternyata sesaat setelah dimasukkan nomor peserta, hasil SPMB langsung bisa tampil di layar komputer. Alhamdulillah, keduanya diterima di ITB,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Pusat Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Soesmalijah Soewondo berharap, mereka yang sudah diterima segera melakukan registrasi atau melaporkan diri ke perguruan tinggi yang bersangkutan.

“Jadwal daftar ulang bagi yang lulus bisa dilihat di perguruan tinggi masing-masing sejak hasil SPMB dipublikasikan,” ujarnya di Jakarta. (A-79/A-94/A-157/A-158)***

Sumber: Pikiran Rakyat, 3 Agustus 2007.

Facebook Comments