Telukdalam, Nisel. WASPADA Online
Masyarakat di Kabupaten Nias Selatan khususnya korban bencana, meminta BRR Perwakilan Nias segera merealiasikan pemberian sertifikat gratis kepada seluruh penerima bantuan rumah. “Hal ini sesuai janji BRR Nias akan memberikan sertifikat gratis tanpa ada pungutan biaya dari masyarakat.”

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Nias Selatan, Asli Dachi ditemui Waspada di kantornya Jl. Lagundri belum lama ini mengakui, sesuai janji yang telah disampaikan BRR akan memberikan sertifikat gratis kepada masyarakat korban bencana, maka pihaknya telah melakukan pengukuran persil tanah yang akan disertifikat sebanyak 3.377 persil.

Namun masyarakat di Nias Selatan sangat mengharapkan program dari BRR terus dilanjutkan untuk dapat membantu masyarakat, terutama ekonomi lemah untuk mensertifikat tanahnya demi kepastian dan berkekuatan hukum.

Asli Dachi juga menjelaskan, melalui PPK Pengelola Pertanahan Nias Selatan dari sertifikat yang telah dikeluarkan lebih kurang 1500 sertifikat, di Nias Selatan yang telah menerima antara lain di Desa Hiliganowo sebanyak 220 sertifikat yang rumahnya telah dibangun BRR. Sedangkan 70 sertifikat lainnya disalurkan kepada penerima bantuan rumah yang dibangun beberapa NGO.

Tokoh masyarakat Nias Selatan, Ingatan Gee alias Ama Tulo mendukung pogram sertifikat gratis dari BRR. Menurutnya, program sertifikat gratis sangat membantu masyarakat terutama bagi keluarga kurang mampu. Dia juga mengharapkan kepada pimpinan BRR tetap melanjutkan program ini demi membantu masyarakat memperoleh kepastian kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum. (a35) (wns)

Sumber: Waspada, 25 Juli 2007

Facebook Comments