Tosim Gurning: Atasi Krisis Listrik, Pemrovsu Harus Pikirkan Pembangkit Tenaga Surya

Saturday, July 21, 2007
By nias

Medan, (Analisa)

Anggota Komisi B DPRD Sumut, Ir Tosim Gurning menyatakan, pemerintah harus mencari sumber alternatif energi untuk rakyat, guna mengatasi pemadaman listrik secara bergilir yang terjadi di Sumut. Sebab, jika dibiarkan berlarut-larut krisis listrik ini dapat membuat masyarakat menjadi depresi.

Demikian dikatakannya kepada wartawan, Kamis (19/7) di gedung DPRD Sumut.

Menurut Tosim, Pemprovsu perlu memikirkan alternatif lain untuk mengatasi krisis listrik dalam jangka pendek ini, antara lain dengan menggunakan pengadaan energi melalui pembangkit listrik tenaga surya (solar cell).

“Energi matahari tidak akan pernah habis dan dapat digunakan sepanjang massa, lebih efisien,” kata Tosim juga Sekretaris Fraksi Partai Bintang Reformasi (FPBR) DPRD Sumut.

Menurut Tosim, pembangkit listrik solar cell ini, dapat digunakan pemerintah untuk sementara waktu, caranya dapat juga dengan mengalihkan jatah listrik untuk lampu jalan ke rumah tangga.

Untuk itu, menurutnya Pemprovsu tidak bisa hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah pusat. Bersama PLN, Pemprovsu harus menganggarkan dana untuk pembangunan pembangkit solar cell ini dalam P-APBD Sumut 2007, atau selambatnya dalam APBD 2008 mendatang.

Akibat pemadaman listrik berkepanjangan di Sumut, kata Tosim, masyarakat menjadi depresi, dan pertumbuhan ekonomi menjadi tidak tercapai. Sebab banyak investor yang batal menanamkan modalnya di daerah ini karena pemerintah tidak mampu menjamin ketersediaan energi listrik.

Padahal, jika pertumbuhan ekonomi tidak tercapai, maka akan berdampak pada meningkatnya angka pengangguran. Masyarakat yang depresi juga dapat membuat tingkat kriminalitas di daerah ini menjadi meningkat.

“Karena itulah pengadaan sumber energi alternatif ini sudah mendesak dan Pemprovsu tidak bisa hanya berpangku tangan pada pemerintah pusat. Pemprovsu harus memikirkan alternatif jangka pendek untuk energi di Sumut melalui kebijakan anggaran,” katanya. (sug)

Sumber: Analisa, 21 Juli 2007

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

July 2007
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

User Login