Festival Seni Nasyid XVIII Berakhir: Putri Langkat Dan Putra Asahan Juara

Monday, July 16, 2007
By nias

* Grup Nasyid Putra dari Nias dan Putri dari Pematangsiantar meraih predikat busana terbaik

Stabat, WASPADA Online
Kafilah putri dari Langkat dan kafilah putra dari Asahan meraih juara pertama Festival Seni Nasyid (FSN) ke-18 tingkat Provinsi Sumut berakhir, Jumat (13/7) malam. Pengumuman para pemenang langsung dibacakan Ketua Dewan Juri Hj Nur Asyiah Djamil di Alun-alun Amir Hamzah Stabat. Selain piala dan piagam penghargaan Grup Nasyid putri dari Langkat dan Grup Nasyid putra dari Asahan masing memperoleh uang pembinaan masing-masing Rp11 juta.

Gubsu dalam pidato tertulisnya dibacakan Kakanwil Depagsu H Z Arifin Nurdin dalam acara penutupan mengharapkan perkembangan seni nasyid ke depan disesuaikan trend hidup di masyarakat tidak mengabaikan kaidah berlaku. Syair, lirik hendaknya mampu menyentuh hati nurani para pendengar, sehingga orang mendengarnya berkeinginan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai seni hiburan diharapkan seni nasyid menjadi salah satu filter menghambat derasnya budaya asing tidak sesuai dengan kepribadian bangsa terutama adat ketimuran. Seni nasyid menyandang beban menjunjung tinggi budaya dan nilai-nilai moral serta serta mengilhami pemikiran dan perasaan manusia agar lebih peka terhadap nilai-nilai kebenaran.

Hasil selengkapnya: Grup Nasyid Putra masing-masing, Asahan, Pematangsiantar dan Medan sebagai juara I, II dan III. Sementara kafilah nasyid putra dari Simalungun, Langkat dan Sergai masing-masing memperoleh juara harapan I, II dan III.

Grup Nasyid Putri dari Langkat, Sergai dan Asahan berhasil meraih juara I,II dan III. Untuk juara harapan I, II dan III diraih kafilah Medan, PTPN Wil-1 dan Pematangsiantar. Sementara itu, Husni Bunaiyya dari Asahan terpilih sebagai vokalis terbaik, sedangkan grup nasyid putra dari Nias dan putri dari Pematangsiantar meraih predikat busana terbaik. Untuk juara favorit terpilih grup nasyid putra dari Tebingtinggi dan putri dari Tanjung Balai. Dewan juri mengumumkan grup nasyid putra dari Taput dan grup nasyid putri dari Mandailing Natal merupakan grup potensial.

Sebelumnya Lembaga Pembinaan Pengembangan Seni Nasyid (LPPSN) Sumatera Utara juga mengumumkan Pematangsiantar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Seni Nasyid (FSN) ke-19 tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2009. Dalam acara penutupan yang meriah itu juga ditampilkan Kelompok Nasyid Shoutul Hadhari Dari Tawao Sabah , Malaysia. (a01)

(am)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2007
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031