Pejabat PBB: Biofuel Meningkatkan Resiko Suplai Makanan

Monday, July 9, 2007
By nias

HAVANA (Reuters) – Kepala Program Lingkungan PBB (UNEP) mengatakan pada hari Rabu kemarin bahwa pemimpin Kuba Fidel Castro dan yang lain memiliki alasan yang kuat untuk menyampaikan keprihatinan tentang potensi produksi etanol mengancam suplai makan bagi orang-orang miskin. Akan tetapi Direktur UNEP, Achim Steiner, mengatakan panel penilai masih menimbang-nimbang apakah resiko melampaui keuntungan dalam hal pengalihan produk pangan menjadi etanol untuk menghasilkan bahan bakar alternatif.

Castro, yang menulis banyak artikel sejak sakit tahun lalu, menyerang rencana Amerika Serikat untuk meningkatkan produksi biofuel menggunakan produk pangan seperti jagung, dengan mengatakan bahwa rencana ini akan meningktakan harga-harga makanan dan kelaparan global.

“Yang dikemukakan Presiden Castro adalah keprihatinan yang sama yang disampaikan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) baru-baru ini: bahwa ada potensi dan resiko signifikan dalam kompetisi antara produksi pangan dan produksi untuk pasar biofuel global,” kata Steiner kepada Reuter dalam suatu pertemuan tentang lingkungan di Havana.

“Kita harus menyadari bahwa ada resiko dan bagi sejumlah negara, resiko itu tidak bisa diabaikan,” katanya.
Steiner mengatakan terlalu dini melakukan analisis untung rugi dalam hal penggunaan etanol, yang menurut sejumlah penggiat lingkungan akan memperlambat pemanasan global.

Sementara teknologi saat ini mengubah langsung bahan pangan seperti gula atau jagung menjadi etanol, produk-produk biofuel yang baru akan menggunakan enzim-enzim untuk mengubah residu produk atau limbah pertanian menjadi bahan bakar, katanya.

UNEP sedang mengkaji efisiensi berbagai biofuel sambil berfokus pada pengembangan standar-standar internasional untuk meminimalkan resiko-resiko sosial dan lingkungan.

Namun Setiner menambahkan: “Selama dunia tidak mampu menghasilkan kesepakatan tentang norma-norma dan standar-standar yang mengarahkan pengembangan pasar biofuel global, resiko akan jauh lebih tinggi”. (Foto: Direktur UNEP, Achim Steiner).

Sumber: Yahoo News, 4 Juli 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2007
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031