Catatan Redaksi: Berita terakhir tentang misteri Video Hantu Santa Fe dapat dibaca dalam artikel: Misteri Video Hantu Santa Fe Belum Terkuak

Selama lebih dari sepekan berlalu, gambaran sosok bewarna putih di gedung pengadilan Sante Fe menghebohkan dunia (Global 20/6). Penampakan tersebut terekam di videotape pada Jumat pagi (15/6) oleh kamera keamanan. “Video Hantu” itu sudah disaksikan lebih dari 75.000 kali di YouTube akibat rasa keingintahuan masyarakat yang lantas menjadi buah bibir dunia.

Sejumlah teori dikemukakan. Beberapanya mengatakan bahwa gambaran tersebut adalah hantu seorang pria yang pernah dibunuh. Sementara lainnya menilai itu hanya tipuan kamera saja. Bahkan ada yang mengatakan sosok yang di kamera itu adalah laba-laba atau pantulan dari sebuah mobil yang melintas.

Sebagai seorang penyelidik dan paranormal ilmiah, Benjamin Radford diminta oleh sebuah suratkabar di Santa Fe guna mengamati kasus tersebut. Selama beberapa dasawarsa lalu, pria ini sudah melakukan belasan penyelidikan terhadap beberapa hal misterius seperti monster danau, hantu, lingkaran yang terdapat di lahan dan banyak fenomena yang tak dapat dijelaskan lainnya. Dia juga penyelidik di majalah sains Skeptical Inquirer, kolumnis di LiveScience serta penulis sejumlah artikel, buku seputar sains, skeptisisme dan paranormal.

Usai hari pertama penyelidikan, Radfors menyingkirkan semua teori yang muncul. Sudah pasti rekaman itu bukan rekayasa, sebab tidak ada seorangpun yang mau membuat gelembung kabur yang sangat berbeda bentuknya yang muncul dalam rekaman video di gedung pengadilan. Radford pun melakukan sejumlah eksperimen. Dia menguji dua kemungkinan penjelasan yang paling mungkin yaitu: kapas yang terbang dan serangga.

Pertama, Radford menebarkan kapas ke udara dekat kamera untuk melihat apakah sosok tersebut mirip sosok “hantu” itu. Dengan mencermati hasil rekaman bersama dengan para deputi pengadilan dan petugas keamanan, mereka menemukan hasil yang berbeda.

Eksperimen kedua melibatkan hipotesa kumbang yakni bisa jadi itu laba-laba atau serangga yang muncul dalam rekaman. Radford dengan cermat menempatkan sejumlah kumbang kecil seperti belalang dan serangga lainnya di atas kamera video. Dia menunggu hewan-hewan tersebut merangkak keliling dan segera masuk ke ruangan monitor di dalam gedung pengadilan itu guna memeriksa hasil rekaman video. Beberapa objek dari kumbang itu terlalu besar dan gelap. Namun, akhirnya ia berhasil menemukan jawaban yang sangat mengejutkan. Muncullah “Hantu Video” tersebut.

Dijelaskannya, “Dengan menggunakan serangga, saya meniru sosok hantu. Setiap orang setuju bahwa sosok serangga tersebut sangat mirip dengan hantu rekaman di gedung pengadilan itu termasuklah ukuran, bentuk, warna dan gerakannya.”

Akhirnya misteri hantu selama sepekan tersebut berhasil terungkap. Hantu Gedung Pengadilan Santa Fe adalah seekor kumbang.

Sumber: Harian Global, 30 Juni 2007

Catatan: Lihat beerita terakhir: Misteri Video Hantu Santa Fe Belum Terkuak

Facebook Comments