Nias (SIB)
Asisten I Drs Kemurnian Zebua SE mengatakan, sesuai dengan disposisi Bupati Nias atas surat Panitia Pemekaran Kecamatan baru Gunungsitoli Barat setuju dan akan segera dikoordinasi kepada instansi terkait untuk diproses selanjutnya.

Hal ini ditegaskan saat pertemuan 9 desa yang dihadiri Kabag Pemerintahan Maimun Zebua BA, Camat Gunungsitoli Y Nazara BA, Panitia Pemekaran Kecamatan baru Gunungsitoli Barat, Ketua Umum Ir Lakhomizaro Zebua yang juga Kadis Kimpraswil Nias, Wakil Ketua K Zebua, Drs F Zebua, S Yan Zebua BA, Amran Zebua, Sekretaris Simon Zebua SH, Bendahara Faisal M Zebua dan para panitia lain, para penasehat dan juga dihadiri kepala desa, tokoh masyarakat, adat di Gedung Gereja Jemaat BNKP Tumori, Selasa (19/6).

Drs Kemurnian Zebua SE mengatakan, berbagai hal persyaratan untuk pemekaran kecamatan yang baru telah dipedomani. Walaupun berkas permohonan Panitia Pemekaran kecamatan baru Gunungsitoli Barat hampir lengkap namun kami koordinasi langsung kepada Panitia, kepala desa, tokoh masyarakat dan secara langsung kami melihat pertapakan kantor camat yang baru dan fasilitas-fasilitas perkantoran lainnya,” sebutnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Panitia Pemekaran Kecamatan baru Gunungsitoli Barat, Ir Lakhomizaro Zebua yang juga Kadis Kimpraswil Nias dalam eksposnya menjelaskan Panitia telah bekerja selama ini melaksanakan sosialisasi secara langsung di setiap desa yang telah menyatakan bergabung di Kecamatan Gunungsitoli Barat, Desa Tumori, Desa Tumori Balohili, Desa Orahili Tumori, Desa Sihareo Siwahili, Seda Lolomoyo Tuhemberua, Desa Onozikho, Desa Hilinakhe, Desa Gada dan Desa Ononamolo II yang kesembilan desa tersebut berpendudukan lebih kurang 12 ribu jiwa. “Fasilitas pertapakan perkantoran pemerintahan telah kami himpun dan banyak masyarakat yang menghibahkan tanahnya secara cuma-cuma untuk dipergunakan sebagai lahan perkantoran,” sebutnya.

Ketua Umum Panitia menambahkan panitia telah beraudiensi kepada Camat Gunungsitoli sebagai kecamatan induk yang menyambut baik serta mendukung sepenuhnya pemekaran.
Seusai pertemuan dilaksanakan, Asisten I Drs Kemurnian Zebua SE serta rombongan, Kabag Pemerintahan Maimun Zebua BA, Camat Gunungsitoli langsung melihat pertapakan Kantor Camat sementara dan beliau menyatakan layak untuk dipergunakan bila ada pengesahan dari DPRD Nias. (T15/y)

Sumber: SIB, 22 Juni 2007

Facebook Comments