Jakarta, 18/6/2007 (Kominfo-Newsroom) – Pemerintah Australia membuka kesempatan beasiswa bagi masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan kuliah jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3) di sejumlah universitas ternama di Australia.

“Kami memberi peluang bagi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk melamar program beasiswa kuliah S2 dan S3 melalui Australian Development Scholarship (ADS) yang mulai dibuka 18 Juni 2007 ini,” kata Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer, dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (18/6).

ADS adalah merupakan program beasiswa yang diberikan pemerintah Australia melalui proses seleksi yang berfokus pada kualifikasi, pengalaman, dan potensi kontribusi yang akan diberikan oleh setiap pelamar terhadap pembangunan Indonesia.

Melalui program ADS ini, diharapkan para kandidat terpilih akan bisa memberi manfaat kepada masa depan politik dan ekonomi Indonesia. “Selain itu tentunya program ini juga akan memperat hubungan antar kedua negara di masa datang,” ujarnya menambahkan.

Para WNI yang berminat dengan program ADS ini, nantinya akan dipersilahkan memilih empat bidang studi yang saat ini menjadi prioritas pembangunan, yaitu Manajemen Ekonomi, Institusi Demokratis dan Penerapannya, Pelayanan Sosial Dasar, serta Keamanan dan Stabilitas.

“Beasiswa ini dibuka untuk mereka yang berasal dari sektor pemerintah maupun non-pemerintah. Untuk tahun 2007/2008 ADS menyediakan 270 beasiswa, 50% dari beasiswa tersebut akan diprioritaskan untuk kaum perempuan,” ungkap Dubes Farmer.

Program ADS dari pemerintah Australia telah berjalan sejak tahun 1950-an, dan tahun ini para penerima akan bergabung dengan para alumni yang jumlahnya sudah melebihi 10,000 orang.

Pendaftaran program ADS dari pemerintah Australia ini sendiri akan ditutup pada 7 September 2007. Adapun bagi yang memiliki minat dengan program ADS dapat mengetahui informasi lebih lanjut melalui situs www.australianscholarships.gov.au atau www.adsjakarta.or.id.(T.Edw/toeb/c)

Sumber: Situs Depkominfo, 18 Juni 2007

Facebook Comments