Tokoh-tokoh Nias Sosialisasikan Pemekaran 2 Kabupaten Dan 1 Kota

Monday, June 18, 2007
By nias

Jakarta ( Berita ) : Sosialisasi pemekaran Kabupaten Nias Utara dan Nias Barat dan dan pemekaran kota Gunung Sitoli terus digulirkan oleh tokoh-tokoh masyarakat Nias. Rencana penambahan dua kabupaten dan satu kota telah direkomendasikan Gubernur Sumatera Utara Rudolf Pardede dan kini proses tersebut sudah sampai ke DPR RI.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Pemekaran Kabupaten Nias Utara, Herman Bahea menjawab Berita, Senin (11/06) pagi di Jakarta.

Menurut Herman, upaya dan sosialisasi pemekaran tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengembangkan potensi kekayaan alam dan pariwisata yang selama ini belum tersentuh. Dikatakan, untuk memgerakkan roda perekonomian masyarakat Nias harus melibatkan investor luar agar menanamkan investasinya di daerah Nias.

“Selama ini, Nias agak tertinggal dari daerah-daerah di Sumut, apalagi pascatsunami dan gempa yang melanda Nias, mengakibatkan lambannya pertumbuhan ekonomi masyarakat di Nias,” kata koordinator tim yang memfasilitasi pemekaran dua kabupaten dan satu kota itu.

Upaya pemekaran tersebut, kata dia lagi, banyak mendapat dukungan dari tokoh-tokoh dan masyarakat Nias di perantauan. Diharapkan terwujudnya daerah pemekaran baru itu, nantinya bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Nias.

Kajian Mendalam
Sebelumnya, Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Lukman Edy, pada Malam Pesona Budaya Nias, Sabtu (2/6), pekan lalu, memberikan dukungan pemekaran tersebut melalui pengkajian secara komprehensif. Menteri Lukman menjelaskan, pemekaran daerah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan bukan kepentingan elit-elit tertentu untuk mengejar kekuasaan.

Menurut menteri yang menggantikan Saifullah Yusuf itu menambahkan selama ini pemekaran kabupaten lebih banyak bergantung kepada kabupaten induk. Karena itu dia berpendapat, sosialisasi untuk memajukan daerah itu lebih mengedapnkan aspek dan kepentingan masyarakat.

“Yang jelas pemekaran daerah harus meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakatnya,” ujarnya. (iws)

Sumber: Berita Sore, 11 Juni 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2007
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930