Badai dan Ombak Setinggi 4 Meter Landa Perairan Pantai Barat Sumut

Monday, June 18, 2007
By nias

*Transportasi Sibolga-Nias Lumpuh Total

Sibolga, (Analisa)

Badai disertai hujan dan ombak setinggi empat meter melanda perairan pantai barat Sumut, tepatnya Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah dan sekitarnya.

Akibatnya, aktivitas keberangkatan kapal dari dan ke Gunung Sitoli, Nias lumpuh total. Hal itu terjadi sejak Jumat malam, Sabtu dan Minggu (15-17/6).

Seluruh kapal penumpang, kapal barang (cargo), kapal ekspres (Jumbo Jet), kapal Landing Crap Transport (LCT) dan kapal lainnya terpaksa bersandar di Pelabuhan Sambas Kota Sibolga.

Informasi dihimpun Analisa, Minggu (17/6) dari kepala operasional kapal ekspres Jumbo Jet, H Syukri Tanjung menerangkan kapal Jumbo Jet yang semula telah berangkat pada Sabtu (16/6) pagi menuju Nias terpaksa harus kembali diakibatkan badai disertai kenaikan gelombang ombak setinggi empat meter, sehingga tak mampu ditembus kapal.

“Saat itu, kapal Jumbo Jet telah melewati pulau Mursala, Tapteng. Untuk menjaga keselamatan seluruh penumpang dan awak kapal, atas kemungkinan hal-hal lainnya yang tidak diinginkan, oleh Nakhoda kapal memutuskan untuk kembali ke pangkalan karena badai dan gelombang ombak yang cukup besar,” ujar Syukri seraya menerangkan bahwa pihaknya telah mengembalikan uang tiket para penumpang kapal Jumbo Jet.

Dia juga memprediksi badai dan kenaikan gelombang ombak yang terjadi di perairan pantai barat Sumut ini, kemungkinan berlangsung selama sepekan.

“Mengenai keberangkatan selanjutnya belum dapat dipastikan. Kita harus melihat cuaca dan kondisi apakah memungkinkan untuk kapal berangkat atau tidak,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Administrator Pelabuhan (Adpel) Sibolga, A Rahman kepada Analisa menerangkan gelombang ombak yang terjadi di pantai barat Sumut ini mencapai ketinggian tiga hingga lima meter.

“Seluruh kapal penumpang dan cargo yang berangkat pada Jumat malam dan Sabtu pagi telah kembali ke pelabuhan ini. Dan selanjutnya mengenai jadwal keberangkatan kapal kita akan berkoordinasi lebih dahulu dengan pihak BMG,” ungkapnya. (yan)

Sumber: Analisa Daily Online, 18 Juni 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2007
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930