Warga Desa Bawolowalangi Demo di Kantor Pengadilan Negeri Gunungsitoli

Friday, June 15, 2007
By nias

Gunungsitoli (SIB)
Warga Desa Bawolowalangi Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan unjuk rasake Kantor Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Kamis (14/6) untuk menyampaikan pernyataan sikap terhadap kasus perdata Nomor: 10/Pdt.G/PLW/2006/pn-gs yaitu perkara tanah adat di daerah itu.

Juru bicara para demonstran Marinus Sarumaha didampingi Irianus Sarumaha, Yoedi Saota, O’oziduhu Sarumaha, Nafetali Sarumaha, Anotona Sarumaha, Sah Adil Duha dan Suarni Sarumaha menyampaikan pernyataan sikap warga Desa Bawolowalangi Kecamatan Teluk Dalam (pelawan) kepada Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Cq. Majelis Hakim dalam perkara perdata Nomor : 10/Pdt.G/PLW/2006/PN-GS yaitu pertama memohon kepada Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Cq. Majelis Hakim sebagai hamba hukum yang memberi citra keadilan kiranya berkenan memberikan pertimbangan hukum yang seadil-adilnya.

Kedua, apabila Majelis Hakim dalam memberi keputusan atas perkara perdata Nomor : 10/Pdt.G/PLW/2006/PN-GS tidak berdasarkan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan maka warga Desa Bawolowalangi (pelawan) akan mengadili perkara itu sendiri, menggantikan kedudukan Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Cq. Majelis Hakim dalam perkara perdata tersebut.

Ketiga, bahwa tanah yang digugat Terlawan A dan Terlawan B dalam perkara perdata Nomor : 10/Pdt.G/PLW/2006/PN-GS adalah tanah adat milik Desa Bawolowalangi yang dikenal dengan nama Sobawa Dumba, bukan tanah adat Desa Hilitobara (Terlawan A) dan juga bukan tanah yang langsung dikuasai oleh Negara (Terlawan B).

Keempat, bahwa selama ini yang menamakan dirinya sebagai Siulu di Desa Hilitobara, tidak benar tetapi yang benar sebagai Siulu Desa Hilitobara adalah yang bernama ZA’A FAU karena jabatan Siulu itu berlaku secara turun temurun.

“Pernyataan sikap tersebut dibuat sebagai bahan pertimbangan kepada Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Cq. Majelis Hakim dalam perkara perdata Nomor : 10/Pdt.G/PLW/2006/pn-gs dalam memutus perkara itu sesuai semangat supremasi hukum.

Masyarakat Desa Bawolowalangi (Pelawan) pencari keadilan memohon kiranya mendapat kepastian hukum yang seadil-adilnya.

Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Pastra Joseph Ziraluo SH MH didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Togar SH MH mengatakan bahwa perkara perdata Nomor: 10/Pdt.G/PLW/2006/PN-GS diharapkan dapat diselesaikan secara musyawarah desa agar terjadi kerukunan antar sesama warga. (T15/q)

Sumber: SIB, 15 Juni 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2007
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930