600 Juta Dolar AS Dana Palang Merah Dunia Untuk Aceh-Nias

Friday, June 15, 2007
By nias

Banda Aceh (SIB)
Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI), Iyang D Sukandar, menyatakan bantuan palang merah dunia untuk Aceh-Nias pasca bencana tsunami cukup besar, yakni senilai 600 juta dolar AS atau sekitar Rp6 triliun untuk pembangunan berbagai infrastruktur.

“Dana sebesar itu diperuntukkan bagi pemulihan kondisi Aceh-Nias pasca bencana alam gempa bumi dan tsunami yang melanda kedua daerah tersebut,” katanya, usai peresmian Gedung Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) Kota Banda Aceh, Kamis.

Ia menyatakan, bantaun dana dari masyarakat internasional yang disalurkan melalui palang merah dunia dan bulan sabit merah itu, di antaranya untuk membangun rumah korban tsunami, gedung sekolah, puskesmas dan berbagai keperluan lainnya.

Rehabilitasi dan rekontruksi di Aceh membutuhkan dana cukup besar dan kita bersyukur palang merah dunia bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia membantu memulihkan pembangunan Aceh-Nias, mulai dari bantuan tanggap darurat hingga tahap rehabbilitasi dan rekontruksi.

Jumlahnya cukup banyak, katanya, namun secara umum jumlahnya mencapai ribuan unit rumah dan termasuk sarana pendidikan dan kesehatan.

Sebagian dari palang merah tesebut, sudah mengakhiri tugasnya di Aceh, salah satu palang merah Turki dan Arab Saudi, sedangkan palang merah lainnya masih bertugas menyelesaikan pembangunan rumah dan sarana lainnya.
Menyangkut tentang pembangunan 500 unit rumah yang ditangani PMI pusat di desa Punge Jerung, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Iyang D Sukandar, menyatakan saat ini dalam tahap penyelesaian yang dilakukan secara bertahap.

“Kita berharap sesuai dengan target pada September 2007, rumah tersebut sudah selesai dibangun,” katanya sambil menambahkan, pembangunan rumah sebanyak 500 unit harus dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan, karena dana itu berasal dari bantuan masyarakat dan harus ada pertangungjawabannya.

“Nanti, akan ada audit indenpenden terhadap penggunaan dana masyarakat tersebut. Kita tidak mentolerir jika terjadi penyimpangan,” katanya. (Ant/r)

Sumber: SIB, 15 Juni 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2007
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930