* Puluhan Rumah Terendam

Nias, WASPADA Online
Hujan yang mengguyur deras sekitar sejam di daerah Kota Gunungsitoli dan sekitarnya membuat Sungai Nou membelah Kota Gunungsitoli meluap. Akibatnya puluhan rumah yang berada disepanjang bantara sungai ini terendam air setinggi dua meter.

Hujan deras mengguyur Kota Gunungsitoli, Minggu(3/6), berlangsung mulai pukul 16:30 selama sejam. Akibat hujan deras disertai angin membuat Sungai Nou mulai pukul 18:00 meluap dan merendam puluhan rumah warga. Pemukiman warga terendam air seperti di Jl. Supomo dan Supomo Dalam, Desa Mudik, Gunungsitoli. Demikian juga di Desa Boyo, air menggenangi jembatan di daerah itu sehingga warga hendak melintas terpaksa menunggu air surut untuk beberapa lama.

Warga rumahnya terendam air terpaksa harus bekerja keras menyelamatkan barang-barang milik mereka. Namun dari kejadian ini belum ada laporan adanya korban jiwa mau pun harta benda. Sungai ini sering meluap bila hujan turun walau hanya beberapa jam juga disebabkan tembok penahan disepanjang bantaran sungai telah hancur akibat gempa.

Disepanjang bantaran sungai ini dulunya telah dibangun tembok penahan agar rumah-rumah warga terhindar dari banjir. Namun saat gempa tembok penahan hancur sehingga bila Sungai Nou meluap maka rumah-rumah wargapun ikut terendam air.

Seorang warga Jalan Supomo marga Ndruru mengharapkan kepada pemerintah maupun BRR untuk segera memikirkan pembangunan kembali tembok penahan di sepanjang bantaran Sungai Nou. Jika tembok penahan ini belum dibangun maka mereka terus-menerus mengalami penderitaan bila sungai ini meluap akibat hujan turun. (a35) (am)

Sumber: Waspada Online, 4 Juni 2007

Facebook Comments