Masyarakat Nias Harus Sejajar dengan Daerah Lain

Tuesday, May 29, 2007
By nias

Jakarta, (Analisa)

Setelah tertimpa musibah gempa bumi dan gelombang tsunami yang memporak-porandakan kepulauan Nias, Masyarakat Nias harus bangkit kembali dengan semangat yang tingi untuk membangun kembali Nias agar sejajar dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT) Rahmat Tatang B dalam sambutan deklarasi Pilar Perjuangan Nias Barat (P2NISBAR) di Jakarta, Sabtu.

Rahmat mengatakan, masyarakat Nias harus menyongsong masa depan untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik dan lebih sejahtera. Karena itu, diperlukan berbagai upaya dengan bekerja keras untuk mewujudkan masyarakat Nias yang lebih sejahtera.

“Masyarakat Nias harus memiliki spirit membangun yang tinggi untuk menyongsong masa depan yang lebih sejahtera,” katanya.

Menurut Rahmat, dalam otonomi daerah, peran daerah sangat sentral dalam pembangunan wilayahnya. Untuk menuju makin terjangkaunya atas pelayanan terhadap masyarakat, pemekaran wilayah merupakan salah satu solusi mengentaskan masyarakat dari kemiskinan.

“Sebagian besar wilayah di Indonesia yang dimekarkan merupakan daerah-daerah tertinggal. Dengan pemekaran, maka pelayanan kepada masyarakat akan cepat bisa dilakukan,” katanya.

Karena itu, ia mengingatkan masyarakat Nias mempersiapkan diri sebaik mungkin dari sisi sumber daya manusia (SDM) untuk membangun Nias yang memiliki kekayaan alam yang indah sehingga bisa memanfaatkan kekayaan alam tersebut untuk kepentingan bersama.

Ketua Umum P2NISBAR, Mustika Ranto Gulo mengatakan, P2NISBAR merupakan wadah bagi masyarakat Nias Barat untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Nias Barat dalam menentukan masa depannya melalui pembentukan Kabupaten Nias Barat lepas dari Nias Induk.

“Ini sudah dirintis sejak tahun 2004 dan saat ini sudah ada di DPR. Kami berharap pada tahun ini Kabupaten Nias Barat sudah bisa terbentuk,” tegasnya.

Ia memaparkan, pembentukan Kabupaten Nias Barat sudah saatnya mengingat perkembangan Nias Barat dari segi jumlah penduduk yang semakin bertambah, sehingga diperlukan pelayanan yang cepat.

“Urgensi dari pembentukan Kabupaten Nias Barat adalah melihat perkembangan yang terjadi di Nias yang begitu cepat sehingga diperlukan layanan kepada masyarakat yang cepat juga,” katanya.

Mengenai SDM, menurutnya, SDM masyakarat Nias cukup tersedia. “Kami yang ada di perantuan seperti yang ada di Jakarta ini siap kembali ke sana untuk membangun Nias Barat,” tegasnya.

Ia menambahkan, P2NISBAR memiliki platform nasional, daerah Nias dan Nias Barat. Dalam kaitan dengan Nias Barat, P2NISBAR berupaya membantu untuk melaksanakan pelaksanaan pembangunan yang berdasarkan inisiatif lokal melalui program “Gerakan Satu Desa Satu Komoditas”. (try)

Sumber: Analisa Daily

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2007
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031