28 Uskup, 100 Pastor dan 8.000 Umat Katolik Hadiri Pentahbisan Uskup Mgr DR Ludovikus Simanullang OFMCap

Monday, May 21, 2007
By nias

Sibolga (SIB)
Pentahbisan Uskup Keuskupan Sibolga Mgr DR Ludovikus Simanullang OFMCap olehDuta Vatikan di Indonesia Mgr Leopoldo Girelli dihadiri 28 Uskup se- Indonesia, 100 Pastor dan 8.000-an umat Katolik se- Keuskupan Sibolga, Minggu (20/5) di Lapangan Simare-mare Sibolga Jalan Sutomo Sibolga.

Pentahbisan ditandai pemakaian cincin, mitra (topi) dan tongkat kegembalaan dimana yang secara keseluruhan perayaan tersebut berlangsung aman dan lancar.

Ketua Panitia Perayaan Pastor R Daely OFMCap dalam laporannya mengatakan, seluruh umat Katolik di Keuskupan Sibolga sebanyak 210.000 jiwa tersebar di 7 kabupaten/kota yaitu Kota Sibolga, Tapteng, Kota Padang Sidempuan, Madina, Tapsel, Nias dan Nisel bergembira dan bersyukur atas pentahbisan ini karena sudah lebih 3 tahun Keuskupan Sibolga tidak memiliki Uskup.

Menurutnya, penghunjukkan Pastor Ludovicus menjadi Uskup Keuskupan Sibolga diumumkan tahta suci di Roma, Rabu (14/3) oleh Bapa Suci Sri Paus Benedictus XVI dan dilanjutkan ke Nuntius (Duta) Vatikan di Indonesia Mgr Leopoldo Girelli.

“Sejak Mgr DR Anesetus B Sinaga dihunjuk sebagai Uskup Koajutor Keuskupan Agung Medan bulan Februari 2004 lalu, Uskup di Keuskupan Sibolga menjadi lowong,” jelas dia seraya berharap kehadiran Uskup baru di Keuskupan Sibolga semakin menyadarkan existensi sebagai umat beriman untuk senantiasa bangkit dan bergerak demi habitus baru yang kita dambahkan bersama.

Walikota Sibolga Drs Sahat P Panggabean MM dalam sambutannya berharap, kerjasama Katolik dengan Pemerintah semakin berjalan baik untuk saling membantu dalam melaksanakan pembangunan.

“Peranan Katolik yang sangat besar dalam pembangunan di daerah ini adalah pendidikan dan pembangunan spritual,” katanya seraya menambahkan permasalahan rakyat yang sedang di hadapi saat ini seperti tekanan ekonomi, kekerasan dan pelanggaran hukum hingga perusakan lingkungan semakin rumit sehingga peranan Gereja sangat diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Pada kesempatan tersebut Walikota Sibolga bersama unsur Muspida Plus Kota Sibolga di antaranya Ketua PN Sibolga Dj Pasaribu, Ketua DPRD Kota Sibolga Syahlul Situmeang dan Ketua TP PKK Sibolga Rumintang Uli Lumbantobing didampingi pimpinan instansi di lingkungan Pemko Sibolga dan sejumlah pejabat dari berbagai daerah di antaranya Wakil Bupati Nias Selatan Daniel Duha SH, mantan Bupati Simalungun Ir Jhon Hugo Silalahi, anggota DPD asal Sumut Parlindungan Purba mengalungkan bunga kepada para Uskup dan ulos kepada Uskup Mgr Ludovicus.

Sejumlah kebudayaan daerah di wilayah Keuskupan Sibolga juga ditampilkan pada perayaan tersebut di antaranya tarian dari Nias, Nias Selatan, Padang Sidempuan dan Pangaribuan dan upah-upah masing-masing dari etnis Nias, Batak dan Tionghoa.

150 Personil untuk Pengamanan
Kapolresta Sibolga AKBP Hotman Silalahi melalui Kabag Ops AKP M Gultom menjawab wartawan, sebanyak 150 personil masing-masing dari Polresta Sibolga, Polres Tapteng, Sat Pol PP Pemko Sibolga dan Dishub Kota Sibolga dikerahkan melakukan pengamanan perayaan meliputi lokasi perayaan, gereja dan arus lalu lintas.

Malam harinya usai perayaan, Walikota Sibolga menjamu makan malam bersama Duta Vatikan, para Uskup dan rohaniwan Katolik di Pendopo Rumah Dinas di Jalan Dr Ferdinan Lumbantobing Sibolga. (mps/o)

Sumber: SIB 21 Mei 2007

One Response to “28 Uskup, 100 Pastor dan 8.000 Umat Katolik Hadiri Pentahbisan Uskup Mgr DR Ludovikus Simanullang OFMCap”

  1. 1
    Postinus Gulö Says:

    Proficiat, Mgr. Dr. Ludovikus Simanullang, OFM. Cap., semoga sehat selalu dan selalu disertai Tuhan dalam setiap langkah, terutama dalam menggembalakan Keuskupan Sibolga. Umat Keuskupan Sibolga yang telah sekian lama menunggu gembalanya, kini telah dijawab oleh Tuhan melalui gerejanya. Sekali lagi, Proficiat untuk Mgr. Dr. Ludovikus juga proficiat kepada umat Keuskupan Sibolga.

    Bandung, 21 Mei 2007

    Hormat kami,

    ttd

    a/n: Postinus Gulö
    (Sekretaris Jenderal Biara Skolastikat OSC Pratista Kumara Warabrata)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2007
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031