Hingga Tahun 2009, BRR Dapatkan Rp6 Triliun untuk RR di Nias

Tuesday, May 1, 2007
By nias

Gunungsitoli, (Analisa)

Hingga tahun 2009, Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) regional VI Nias dapatkan Rp6 triliun untuk rehabilitasi dan rekonstrsuksi (RR) di Nias.

Hal itu dikatakan Kepala BRR regional VI Willam P Sahbandar menjawab pertanyaan Analisa, belum lamam ini di kantornya Jalan Pelud Gunungsitoli, tentang dana untuk RR Nias.

“Pada awalnya pemerintah pusat hanya mengalokasikan dana dalam blue print untuk RR Nias hanya Rp2 triliun, kemudain pemerintah menambahkan sebesa Rp2 triliun lagi dan ditambah dari donor sebesar Rp2 triliun, hingga saat ini BRR mendapatkan dana sebesar Rp6 triliun,” katanya.

BRR Nias mendapatkan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp4 triliun dan dari donor sebesar 2 triliun, sementara untuk Rp4 triliun kekurangannya BRR juga masih mengharapkan bantuan dari berbagai donor dan lembaga yang memberi bantuan lainnya.

Sementara jika dihitung kerusakan Nias pasca gempa mencapai Rp4,5 triliun, untuk itu setidaknya pemerintah pusat mencoba komitmen untuk mencapai angka itu, namun untuk membanguan Nias lebih baik dibutuhkan dana sebesar Rp10 triliun, BRR Nias masih mengharapkan pemerintah pusat memasukkanya dalam blue print.

Pembangunan daerah Nias tidak cukup hanya membangun Nias pada titik dimana Nias sedia kala tanpa memperhatikan jika kedepan terjadi gempa yang sama, apakah masyarakat Nias siap menghadapinya. Untuk itu, BRR mencoba memberikan kemampuan kepada masyarakat Nias untuk intervensi-intervensi tambahan selain program-program pembangunan.

STRATEGIS
Dalam upaya dan strategis dilakukan BRR pada tahun ini, ungkap Willam, BRR mencoba dengan langkah-langkah dengan istilah yang selama ini sudah dikenal di masyarakat Nias yakni, 4 pilar dan 10 program utama, pilar pertama yakni perumahan dan pemukiman masyarakat sebanyak 15 ribu rumah yang saat ini BRR membangun sebanyak 9 ribu ribu dan ini merupakan target yang harus dicapai pada tahun ini.

Pilar yang kedua, infrastuktur, yang lebih terfokus pada infrastruktur transportasi yang difokuskan pada jalan-jalan strategis dan pelabuhan dan beberapa bandara, selanjutnya dalam bidang ekonomi masyarakat, BRR akan mencoba membanguan dengan mekanisme pengembangan unit-unit usaha kecil dan menengah dan koperasi, hingga ke depan masyarakat Nias dapat meningkatkan ekonominya.

Sementara pilar yang terakhir pengembangan SDM dan kelembagaan yang meliputi kesehatan, pendidikan, penguatan pemerintah,sosial dan agama.

Pada pada pilar ini, BRR mengharapakan pada sektor kesehatan nantinya menjadi sektor primadona, karena BRR saat ini sedang membanguan sistem rumah sakit cukup baik. (kap)

Sumber: Analisa, 1 Mei 2007

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2007
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031