Kota Wisata Telukdalam Nisel Kini Dipenuhi Tumpukan Sampah

Monday, April 30, 2007
By nias

Telukdalam (SIB)
Kota Telukdalam yang dulunya dikenal sebagai kota wisata dan merupakan salah satu daerah tujuan wisata kini tidak lagi indah karena di setiap sudut kota terdapat tumpukan sampah.

Pemandangan ini tidak mengenakkan ini paling mencolok terlihat di jalan DI. Panjaitan dan setiap pengguna jalan terpelosok, menutup hidungnya akibat bau busuk yang menyengat. Padahal, di kabupaten ini pemerintah pusat melalui BRR sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur pasca gempa dan tsunami. Dana yang disumbangkan oleh BRR Distrik Nisel Rp. 82 juta untuk kebersihan kota, sepertinya tidak mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Pemekaran kabupaten Nias Selatan dari Kabupaten Nias, diharapkan banyak pihak bahwa perkembangan pembangunan dan pelayanan pada masyarakat akan lebih baik terutama penataan kota Telukdalam sebagai ibukota Kabupaten Nias Selatan. Namun, realitanya belum seindah harapan itu.

LSM Independen Lematang Sriwijaya DPC Nisel Yasokhi Maduwu kepada SIB Jumat, mengatakan, sangat sedih melihat kondisi kota Telukdalam saat ini karena dipenuhi dengan tumpukan sampah, padahal kota ini pernah dijuluki sebagai kota Wisata andalan Sumatera Utara. Diharapkan kepada pemerintah Daerah dibawah pimpinan Fahuwusa Laia SH MH dapat memberikan perhatian khusus tentang kebersihan kota Telukdalam mengingat kota ini adalah Ibukota Kabupaten Nias Selatan yang merupakan cerminan kepada setiap orang yang datang di bumi Nisel. (RD/n)

Sumber: SIB Online, 30 April 2007

One Response to “Kota Wisata Telukdalam Nisel Kini Dipenuhi Tumpukan Sampah”

  1. 1
    Pudjianto Says:

    sampah memang menjadi masalah dimana-mana, tergantung pejabat di telukdalam, jika mau mencari solusi positif banyak cara yang dapat diperbuat misalnya
    a. menyediakan bak penampungan sampah
    b. menyediakan tempat penampungan akhir (TPA)
    c. sediakan alat angkut (truk) dan tenaga kasar (kuli)
    d. Jadikan sampah sebagai pupuk organik untuk tanaman
    semoga dengan solusi ini dapat mengurangi timbunan sampah di pasar telukdalam yang lebih penting kesadaran masyarakat untuk mejaga kebersihan kota dan lingkungan masing-masing
    Pengirim ( fasilitator MBS-PAKEM dari Lamongan Jatim, Diklat di sorake beath dan telukdalam)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2007
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30