Gunungsitoli, WASPADA Online
6.162 Siswa di Nias mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang berlangsung 24-26 April 2007. Pelaksanaan UN berlangsung lancar, tidak ditemukan kendala seprti kekurangan soal ujian.

Kepala Dinas Pendidikan Nias, Martinus Lase, SH didampingi Kasubdis Pendidikan Dasar, Drs. F. Telaumbanua kepada wartawan mengatakan, bersama tim telah memantau beberapa sekolah seperti, SMPN 2 Kec. Hiliduho dan SMP Swasta Masyarakat Damai Kec. Gunungsitoli Selatan, serta di seluruh sekolah penyelenggara UN, terlihat berjalan lancar dan aman.

Sistem pengawasan dilakukan sistem silang murni. Selain pengawas, guru masing-masing sekolah, Dinas Pendidikan menurunkan tim yang stand by di lokasi ujian. Juga pengawas independen dari perguruan tinggi, dibantu aparat Polres Nias untuk pengamanan. UN tingkat SMP/MTS Nias diikuti 6.162 orang dengan total 70 sekolah.

Disinggung standar kelulusan 5,0 tahun ini, Kadis memprediksi ada peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 86 persen, naik menjadi 95 persen. Hal itu menurut Marinus Lase, karena sebelum UN Dinas Pendidikan telah melakukan berbagai upaya, seperti peningkatan sumber daya manusia.(cbj) (wns)

Sumber: Waspada, 24 April 2007

Facebook Comments